Teknologi

Alat Pemanen Air untuk Wilayah dengan Kondisi Kekurangan Air

P Suryo RP Suryo R - Senin, 06 September 2021
Alat Pemanen Air untuk Wilayah dengan Kondisi Kekurangan Air
Memanen air di perkotaan. (Foto: Pexels/Sourav Mishra)

PERKEMBANGAN teknologi bukan melulu pada informasi dan teknologi. Kebutuhan teknologi yang bukan sekedar pada bidang teknologi digital saja. Teknologi yang baik memberikan manfaat yang luas bagi masyrakat.

Berangkat dari itu desainer asal Afrika Selatan, Shaakira Jassat menciptakan alat yang mampu memanen air. Kesannya agak aneh, air kok dipanen. Di wilayah-wilayah dengan kondisi kekurangan air. Hujan adalah jawaban pasti untuk mendapatkan air.

Baca Juga:

Senjata Rahasia Turunkan Berat Badan: Air

alat
Aquatecture yang dapat menampung air hujan. (Foto: dezeen/Angeline Swinkels)

Kelimpahan air dari langit ini kemudian memunculkan ide membuat alat yang dinamakan Aquatecture. Alat ini tidak besar cendrung langsing dan sangat cocok diletakan di luar ruangan, terutama di luar bangunan besar.

DIlansir dari laman dezeen, alat ini mampu menguumpulkan air dari hujan yang kemudian disalurkan melalui sistem air pada gedung.

Panel-panel ini terbuat dari stainless steel yang sangat kuat dan anti karat. Bentuknya langsing dan memiliki corong silinder. Ini adalah bentuk terbaik yang dia ambil setelah melakukan berbagai percobaan.

Jassat membuat alat ini berangkat dari kondisi di kampung halamannya, Afrika Selatan, yang dilanda krisis air. Setelah melakukan observasi ke wilayah di negaranya seperti di kota Pretoria dan Capte Town yang terancam kehilangan sumber air minum. Dia kemudian berusaha mengembangka peralatan yang dapat memanen air itu.

Jassat yang tinggal di Belanda ini menyadari betul bahwa metode lama masyarakat yang menampung air ketika hujan berlangsung, membuatnya berusaha mewujudkan idenya itu. Kondisi perkotaan tak memungkinkan dirinya membuat tangki besar karena keterbatasan ruang. Makanya Aquatecture merupakan jawaban untuk mengumpulkan air hujan.

Baca Juga:

Begini Bahaya Menahan Gejolak Buang Air Besar

air
Air hujan biasanya ditampung dalam wadah besar. (Foto: Pexels/Nothing Ahead)

Jika air yang terkumpul dari hujan itu sudah memenuhi tangki. Maka akan dialirkan ke satu sistem penjernihan air untuk dapat digunakan oleh masyarakat.

Desain milik Jassat ini bukan sekedar alat yang menangkap air hujan saja. Namun penampilan alat itu harus sesuai dengan arsitektur tempat alat itu berada. Makanya dia mengatakan bahwa teknologi harus tampil bagus. Perpaduan antara efisiensi dan estetika.

Patron yang diambil untuk tampilan panel-panel adalah mulai dari bulat sampai baling-baling. Untuk menghadirkan nilai estetika pada panelnya, Jassat bekerjasama dengan desainer grafis asal Jepang, Aya Kawasaki.

Baginya keselarasan dalam ruang terbuka adalah sangat penting. Gedung yang sudah dirancang selaras dengan lingkungan sekitar tidak baik dirusak pemandangannya oleh alat buatannya.

Jassat menanbahlan bahwa alat buatannya pada prinsipnya adalah alat yang dapat mengumpulkan air. Makanya dia membuka kesempatan pada publik untuk seluas-luasnya menggunakannya. Dengan tambahan peralatan yang tepat alat ini bisa menangkap air di atmosfir melalui metode kondensasi. (psr)

Baca Juga:

Pilih Air Minum dalam Kemasan yang Baik, ini Caranya

#Lipsus Bulan September #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan