Alat Pelindung Diri Wajib Hukumnya Digunakan Pekerja Konstruksi Penting bagi para pekerja untuk menggunakan alat pelindung diri. (Foto: Weldbro)

TIDAK semata-mata demi upah, mereka yang bekerja di proyek konstruksi, perbaikan jalan, dan lainnya juga harus memperhatikan keselamatan saat bekerja. Oleh karenanya, alat pelindung diri (APD) wajib mereka gunakan untuk menjaga keamanan dan keselamatan kerja yang penuh risiko.

Adalah seperangkat alat perlindungan yang wajib hukumnya digunakan pekerja konstruksi. Alasannya simpel, APD akan melindungi dan meminimalisir risiko pekerja dari hal-hal yang tidak terduga. Contohnya seperti kejatuhan benda berat, terkena cipratan, debu, dan lain sebagainya.

Baca juga:

7 Gaya Hidup Sehat bagi Pekerja Kantoran

Setiap perusahaan akan membantu para pekerja agar terhindar dari kecelakaan, penyakit, dan potensi bahaya lainnya. Perusahaan juga perlu menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir potensi bahaya saat bekerja adalah dengan melakukan pengontrolan pada sumbernya.

Dilansir dari lama alodokter, perusahaan diwajibkan untuk mengganti atau memodifikasi peralatan dan bahan yang berbahaya. Selain itu juga bisa menghilangkan, mengganti, atau merancang ulang faktor-faktor yang bisa menjadi sumber potensi bahaya. Jika langkah tersebut tidak memberikan pengaruh, maka perusahaan wajib menyediakan APD untuk meminimalisir risiko dan bahaya di lingkungan kerja.

Alat Pelindung Diri Wajib Hukumnya untuk Pekerja Konstruksi
Beberapa jenis alat pelindung diri yang biasa digunakan. (Foto: jjkeller)

Menurut Occupational Safety and Health Administration (OSHA), alat pelindung adalah peralatan yang dipakai untuk melindungi pekerja dari kecelakaan atau penyakit yang disebabkan adanya kontak secara langsung. Banyak dari kecelakaan kerja disebabkan karena kelalaian karyawan yang tidak menggunakan APD.

Baca juga:

Merasa Gagal Dalam Hidup? Ikuti Langkah Ini

Jenis APD yang diperlukan di lingkungan kerja pun berbeda-beda, tergandung aktivitas apa yang dilakukan dan jenis bahaya apa yang bisa terjadi di lingkungan tersebut. Seperti sarung tangan, helm proyek, safety shoes, kacamata pelindung, baju pelindung, masker, dan lain sebagainya.

Alat Pelindung Diri Wajib Hukumnya untuk Pekerja Konstruksi
Alat pelindung diri mencegahmu dari risiko bahaya ketika bekerja. (Foto: Milwaukee Tool)

Tak hanya sekedar memakai, para pekerja juga harus memahami cara menggunakan APD yang baik dan benar. Biasanya, perusahaan memberikan pelatihan kepada pegawai mengenai penggunaan APD.

Jika menemukan APD yang tidak layak atau tidak berfungsi dengan baik, jangan segan-segan untuk memberi tahu pihak terkait.

Melindungi diri ketika bekerja sangatlah penting. Jika tidak menggunakan, tidak menutup kemungkinan kamu akan terkena resiko mulai dari yang ringan hingga berat sekalipun. Ingat, safety first ya! (And)

Baca juga:

Menjelang Akhir Tahun, Ancaman Penjahat Siber semakin Meningkat


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH