Alat Medis untuk Mendeteksi Kanker Payudara Ilustrasi kanker payudara (Foto: Ist)

KANKER payudara adalah salah satu penyebab kematian nomor dua pada perempuan. Menurut WHO, diperkirakan ada sekitar 2,09 juta kasus kanker payudara hingga 2018. Hal yang lebih menyedihkan, sebagian besar kematian akibat kanker payudara terjadi di negara-negara berkembang karena kurangnya deteksi dini.

Ada beberapa perangkat modern serta teknik yang digunakan untuk mendeteksi kanker payudara. Dengan begitu penanganan menjadi lebih cepat dan tepat waktu. Karena risiko keterlambatan deteksi kanker payudara dapat menyebabkan sel kanker dapat menjalar ke kelenjar getah bening, pada akhirnya menyebar ke bagian lain dari tubuh.

Baca juga:

Cegah Eksploitasi Virus Corona, Facebook Larang Iklan Masker Wajah Medis!

Dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa perangkat yang membantu mendeteksi kanker payudara pada tahap awal.

1. Breast Examination System

Breast Examination System (Foto: Medium)
Breast Examination System (Foto: Medium)

Ini adalah perangkat medis yang biasanya digunakan oleh ahli medis untuk mendeteksi kanker payudara pada tahap awal. Perangkat ini menggunakan teknologi kristal cair untuk mendeteksi suhu tinggi di daerah payudara dan kapilernya. Suhu tinggi merupakan tanda mengkhawatirkan akan adanya kanker payudara. Pemeriksaan payudara ini tidak menimbulkan rasa sakit dan aman karena tidak ada jenis radiasi yang digunakan untuk melakukan proses deteksi.

2. Breastlight

Breastlight (Foto: Ist)
Breastlight (Foto: Ist)


Breastlight adalah jenis perangkat yang tidak memerlukan janji dengan dokter karena bisa dilakukan sendiri. Perangkat breastlight membantu mendeteksi benjolan di payudara dan memeriksa setiap perubahan bentuk, ukuran, penampilan puting susu atau titik nyeri yang mungkin merupakan tanda awal kanker payudara. Perangkat lampu payudara biasanya memancarkan lampu merah yang tidak berbahaya.

Baca juga:

Jangan Langsung Percaya, 5 Aturan Tentang Diet ini Hanya Mitos


3. Mammogram

Mammogram (Foto: Time)
Mammogram (Foto: Time)

Metode ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang adanya kelainan pada payudara. Metode ini dilakukan bahkan ketika seorang perempuan tidak memiliki gejala kanker payudara. Mammogram adalah cara paling efektif untuk mendeteksi kanker payudara pada tahap yang sangat dini.


4. Infrared Digital Imaging (IDI)

Infrared Digital Imaging (Foto: Ist
Infrared Digital Imaging (Foto: Ist


Metode ini didasarkan pada prinsip bahwa jaringan kanker payudara telah meningkatkan aktivitas metabolisme dan sirkulasi vaskular daripada jaringan normal. Proses ini dilakukan oleh ahli radiologi yang menganalisis dan menerjemahkan serangkaian gambar inframerah yang diperoleh dengan menggunakan IDI. Dalam proses ini, tidak ada kontak fisik atau cairan yang diperlukan.

5. Infrared Light Self Massager

Infrared Light Self Massager (Foto: Amazon)
Infrared Light Self Massager (Foto: Amazon)


Perangkat ini digunakan untuk menganalisis kesehatan payudara kapan saja dan di mana saja. Pijat menggunakan getaran dan lampu infra merah yang tidak berbahaya untuk memeriksa sendiri apakah ada kelainan pada payudara. Alat ini biasanya ringan, praktis dan dapat dibawa dengan mudah. Ini juga membantu mendeteksi setiap sel kanker di dekat ketiak. (Yni)

Baca juga:

Seberapa Efektif Latihan 'Plank' untuk Kebugaran Tubuh?



Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH