Beberapa Alat Kitchen Set Ini Bikin Hidup Kamu Lebih Mudah ilustrasi dapur (pixabay)

Merahputih.com - Selain memilih model yang tepat untuk kitchen set rumah minimalis Anda, pemilihan alat yang tepat untuk melengkapi interior dapur minimalis adalah hal yang harus Anda lakukan.

Dengan pemilihan alat yang tepat seperti ini, proses memasak akan jauh lebih mudah. Dan yang paling penting sebenarnya adalah kegiatan di dapur akan jauh lebih ringan jika alat yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain ruang tamu, ruang-ruang lain tentu saja harus Anda pikirkan desain yang pas guna menunjang penampilannya. Termasuk diantaranya adalah ruang dapur. Apalagi jika model rumah Anda adalah rumah minimalis.

Terkait dengan interior dapur, khusunya untuk rumah minimalis, selain pemilihan warna cat yang perlu diperhatikan, ada juga hal lain yang penting sekali untuk dipertimbangkan. Apalagi jika soal memilih kitchen set yang tepat.

Jangan sampai salah pilih. Kenapa? Hal ini bisa berpengaruh cukup signifikan pada nilai kenyamanan serta tampilan dapur yang ada di rumah minimalis Anda. Pertanyaannya sekarang adalah, selain alat, hal apa lagi yang perlu diperhatikan terkait dengan dapur rumah minimalis?

Model Kitchen Set Untuk Rumah Minimalis

Meskipun tidak memiliki ruang yang luas, tapi jika ditunjuang dengan pemilihan desain dan model yang tepat, selain bisa menghasilkan tampilan yang elegan, kenyamanan sudah pasti akan Anda dapatkan.

Khusus untuk rumah minimalis, berikut ini adalah inspirasi model kitchen set rumah minimalis yang bisa Anda pilih:

1. Model Straight atau I
Model yang satu ini sering juga disebut dengan model satu baris atau single line. Banyak rumah minimalis yang menggunakan model yang satu ini. Terlebih lagi pada rumah minimalis, desain kithen set umumnya mengikuti bentuk dapurnya.

Model yang satu ini umumnya diaplikasikan pada rumah minimalis yang memiliki ukuran cukup kecil atau bisa juga diterapkan untuk apartemen dengan ukuran ruangan dapurnya sekitar 2,5 m x 2,5 m.

Kelebihan dari model yang satu ini adalah kapasitasnya yang hemat tempat serta tidak memakan banyak ruang. Tetapi konsekuensinya adalah Anda tidak bisa memaksimalkan aktivitas memasak dengan menggunakan perlatan yang kompleks. Hal ini disebabkan terbatasnya ruang penyimpanan perabotan.

Selain itu, model singgel line seperti ini hanya bisa difungsikan untuk satu jenis dapur. Jadi Anda harus memilih akan memakai konsep dapur kering atau dapur basah. Namun jika Anda menginkan fungsi keduanya, alur kerjanya harus benar-benar Anda perhatikan supaya tidak terganggu ketika sedang memasak.

kitchen set kayu
Dapur berbahan kayu (pixabay)


2. Model L
Untuk model L ini, lebih cocok jika dipasang untuk rumah minimalis dengan dapur agak luas. Dengan memasang model L pada dapur rumah minimlasi Anda, dijamin dapur akan lebih tertara rapi. Hal ini sangat wajar, sebab secara desain memang lebih besar jika dibandingkan dengan model I. Selain lebih luas, model L ini juga bisa menyimpan lebih banyak barang di dalamnya.

3. Model Set Island
Model island ini bisa dikatakan sebagai salah satu kithen set yang paling banyak diminati lantaran sempurna baik dari segi tampilan maupun funsinya. Tetapi model ini cocoknya untuk dapur yang memiliki ruangan yang cukup luas.

Jika memang seperti itu, bagaimana dengan rumah yang ruang dapurnya terbatas? Apakah masih memungkinkan untuk menerapkan model set island seperti ini? Meskipun ruang dapur Anda kurang luas, tapi sebenarnya masih bisa disulap menjadi kitcen island dengan desain interior dapur diatur sedemikian rupa.

Alat Kitchen Set Yang Bisa Membuat Hidup Anda Lebih Mudah

Dapur terkadang bisa menjadi salah satu ruangan paling merepotkan, mengingat saking padatnya aktifitas sampai berbagai jenis alat-alat memasak yang dibutuhkan. Oleh sebab itu, jangan sampai Anda menyepelekannya.

Agar supaya pekerjaan di dapur jauh lebih mudah, mungkin beberapa alat berikut ini bisa Anda pertimbangkan:

1. Spatula Set
Tidak bisa dipungkiri jika spatula ini adalah salah satu alat memasak yang harus ada di setiap dapur. Meskipun demikian, untuk memudahkan saat memasak, Anda perlu berbagai jenis spatula. Dengan lebih banyak spatula yang ada di dapur, pastinya Anda tidak ingin dapur berantakan lantaran spatula tersebut. Oleh sebab itu, sebaiknya belilah spatula set yang cocok untuk kebutuhan Anda.

model dapur
ilustrasi dapur (pixabay)

2. Kitchen Trolley
Terkadang masih banyaka yang menganggap jika penggunaan kitchen trolley seperti ini terlalu berlebihan. Meskipun demikian, pada kenyatannya alat yang satu ini bisa membuat semua aktifitas di dapur menjadi jauh lebih mudah lagi.

Terlebih lagi untuk Anda yang memiliki area kerja ataupun persiapan yang terbatas, manfaatkan kitchen trolley untuk meletakkan berbagai bahan makanan yang siap untuk dimasak. Setelah itu, Anda tinggal geser ktchen trolley ke dekat kompor, sehingga nantinya Anda tidak perlu lagi bilak-balik. Dan hal semacam ini sudah pasti akan memudahkan Anda saat memasak.

3. Corner Kitchen Set Cabinet Fitting
Diakui ataupun tidak, ruang sudut yang terletak pada kitchen set ini memang sering kali menjadi masalah lantaran sulit sekali untuk digunakan. Terlebih lagi apabila kabinet atau ruang penyimpanannya terbatas, sehingga Anda harus memaksimalkannya sebaik mungkin.

Oleh sebab itu, ada baiknya untuk ruang sudut ini digunakan sebagai fitting organizer khusus dengan tujuan agar supaya penyimpanan barang di kabinet yang ada di sekitar sudut bisa lebih maksimal.

Bahan Terbaik Untuk Membuat Kitchen Set

Supaya bisa menghasilkan barang yang berkualitas, penggunaan bahan terbaik sudah menjadi sebuah keharusan. Termasuk juga ketika ingin membuat kitchen set yang memiliki kualitas bagus.
Untuk lebih jelasnya, beberapa bahan yang sering dipakai untuk membuat furnitur terutama untuk kabinet dapur adalah sebagai berikut ini:

1. Playwood
Playwood atau yang sering sekali disebut juga dengan multiplek ini merupakan olahan kayu yang bisa dibilang paling kuat. Terlebih lagi tekstur kayu playwood ini sangatlah rapat. Oleh sebab itu, bahan playwood seperti ini sangat cocok jika digunakan untuk membuat furnitur atau set dapur. Terlebih lagi, bahan playwood ini memiliki sifat tahan terhadap air.

Maka dari itu, kitcen set yang dibuat dengan menggunakan bahan utama playwood dijamin akan sangat kuat dan juga tahan lama dari jangka waktu penggunaannya. Oleh sebab itu sangat wajar jika banyak yang memilih playwood sebagai bahan utamanya.

2. Blockboard
Pada dasarnya, blockboard ini bisa dikatakan hampir mirip dengan palywood. Yang membedakannya adalah playood dibuat dengan menggunakan potongan kayu yang disusun vertikal, blockboard lapisannya tersusun secara horizontal.

kitchen set bata dan kayu
dapur dengan kombinasi bahan dari batu dan kayu (pixabay)

Alasan terbesar kenapa blockboard ini sangat cocok jika digunakan untuk membuat kitcen set adalah dikaranakan sifatnya yang tahan air. Meskipun demikian, sifat tahan lamanya tidak sebaik playwood. Selain itu, secara harga juga lebih murah jika dibandingkan dengan playwood.

Apapun model desain yang ingin Anda usung, sebenarnya hal paling penting pada saat Anda ingin memasang kitchen set adalah sebisa mungkin pilihlah yang sesuai dengan luas ruangan dapur Anda tersebut.


Tags Artikel Ini

Teguh Riyanto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH