Alat-alat Keselamatan Pesawat yang Wajib Kamu Ketahui Armada pesawat maskapai Lion Air. Foto:MP/Rizky Fitrianto

PENERBANGAN adalah hal yang paling utama dalam melakukan perjalanan, tanpa terkecuali di jalur udara. Oleh karenanya setiap kita naik pesawat, seorang awak kabin tak bosan-bosannya memberikan instruksi keselamatan.

Setiap maskapai penerbangan diwajibkan menyiapkan beberapa alat keselamatan di pesawatnya. letak alat-alat tersebut sama sehingga para penumpang tak akan kebingungan ketika menaiki pesawat dari maskapai yang berbeda.

Nah, sebenarnya alat-alat keselamatan apa saja sih yang wajib kita ketahui? Dan bagaimana cara memakainya?

1. Kartu Keselamatan

Safety Information Card (Sumber: pinterest)
Safety Information Card (Foto: pinterest)

Hal yang pertama kamu harus ketahui adalah kartu keselamatan. Kartu ini berisi cara menyelamatkan diri dari pesawat. Selain penjelasan tertulis, di dalamnya juga ada gambar-gambar yang membuatnya mudah untuk dipelajari.

Kamu bisa mengetahui posisi-posisi pintu keselamatan yang ada di pesawat. Selain itu di dalamnya dijelaskan juga bagaimana memakai pelampung dan safety belt. Letak kartu keselamatan biasanya ada di kantung di depan kursi.

2. Safety Belt

Safety Belt (Sumber: aircraft.sewaro.us)
Safety Belt (Foto: aircraft.sewaro.us)

Salah satu yang diperagakan awak kabin saat akan terbang adalah sabuk pengaman. Sabung pengaman wajib dipakai saat memulai penerbangan dan pendaratan. Fugsi dari alat ini adalah melindungi tubuh dari goncangan.

Safety belt memiliki dua tipe, pertama untuk dewasa dan yang kedua untuk anak-anak. Alat ini menyatu dengan kursi. Pelajari cara untuk melepaskan sabuk pengaman dengan cepat. Dengan begitu kamu tak perlu panik ketika sesuatu yang tak diinginkan terjadi.

3. Baju Pelampung

Life Vest (Sumber: WorthPoint)
Life Vest yang ada di bawah bangku pesawat. (Foto: WorthPoint)

Baju pelampung adalah alat yang sangat penting saat terjadi masalah. Karena biasanya pesawat akan melakukan pendaratan darurat di laut. Baju pelampung biasanya terletak di bawah kursi. Sebelum berangkat pastikan dulu alat tersebut ada atau tidak.

Baju pelampung akan otomatis mengembang jika ditarik tuasnya. terdapat pula sebuah lampu kecil yang bisa menyala saat teredam air. Fungsinya akan memudahkan tim SAR untuk menemukan korban untuk proses evakuasi.

4. Masker Oksigen

Oxygen Mask (Sumber: familylifeministry.atlanta.goarch.org)
Masker oksigen yang dipakai kala keadaan darurat. (Foto: familylifeministry)

Di dalam pesawat tekanan udaranya pasti berbeda dengan di luar. Pesawat memiliki sebuah sistem yang mengatur hal tersebut sehingga udara di dalam pesawat tidak melebihi batas yang sudah ditentukan.

Masker oksigen akan keluar secara otomatis jika terjadi gangguan sistem tersebut. Kamu harus memasangnya segera karena jika tidak kamu akan pingsan. (yani)

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH