Kesehatan

Alasan Virus Corona Sulit Tembus Indonesia

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Sabtu, 07 Maret 2020
Alasan Virus Corona Sulit Tembus Indonesia
Corona sulit tembus Indonesia (Foto: Unsplash/Macau Photo Agency)

JUMLAH negara yang terdampak virus corona setiap waktunya terus bertambah. Negara di sekitar Indonesia mulai dari Malaysia, Singapura, hingga Australia tak luput dari jangkauan virus COVID-19 tersebut. Namun anehnya, negara Indonesia seolah kebal akan penyakit ini. Terakhir hanya ditemukan dua korban virus corona. Mereka adalah ibu dan anak yang berdomisili di wilayah Depok, Jawa Barat.

Sedikitnya jumlah pengidap corona di Indonesia tentu menimbulkan tanda tanya di benak masyarakat Indonesia. Ada yang berspekulasi bahwa sebenarnya jumlah penderita corona di Indonesia lebih dari yang dilaporkan. Sementara yang lain begitu yakin bahwa virus corona sulit menembus daya tahan tubuh orang Indonesia yang sangat 'kebal'.

Baca Juga:

Cara Ampuh Menangkal Virus Corona

Dokter Paru
dr. Telly Kamelia, SpPd, KP, Indonesia kaya tumbuhan tropis. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Untuk menjawab tanda tanya tersebut, merahputih.com berkesempatan untuk berdiskusi secara langsung dengan Staff Ahli Divisi Respirologi dan Penyakit Kritis, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Telly Kamelia, SpPd, KP.

"Kita sudah terkepung virus corona tetapi kenapa yang ketahuan baru sedikit? Pasien yang positif pun klinisnya ringan. Alasannya yakni kita kaya akan tumbuhan tropis," ungkapnya kala ditemui di Euro Management, Jakarta Pusat. Menurutnya, pengobatan alternatif yang berasal dari rempah-rempah Indonesia mengandung vitamin C dengan dosis tinggi. Kandungan vitamin C tersebut efektif untuk melindungi tubuh dari berbagai virus termasuk virus corona.

Rempah rempah
Indonesia kaya akan rempah-rempah (Foto: Unsplash/Zahrin Lukman)

Selain mengandung vitamin C, rempah-rempah yang tumbuh di Indonesia memiliki sifat antioksidan dan antiseptic. "Dengan mengonsumsi herbal dan rempah dapat meningkatkan imunitas dan menurunkan prevalensi corona. Perlu diingat bahwa hanya mengurangi peluang terjangkit corona bukan menyembuhkan," tegasnya.

Ia menyayangkan tumbuhan tropis tidak digali secara mendalam lewat penelitian ilmiah yang lebih luas. Padahal jika diteliti lebih lanjut, tumbuh-tumbuhan tropis yang hanya hidup di Indonesia tersebut bisa menjadi obat untuk berbagai macam penyakit. "Bayangkan saja, tumbuhan yang ada di Indonesia ini bisa dikembangkan menjadi obat antibiotik dan anti kanker," ungkapnya.

matahari
Biarkan tubuh terpapar sinar matahari (Foto: Unsplash/Jude Beck)

Selain kaya akan tumbuhan tropis, Indonesia juga kaya sinar matahari. Sinar matahari yang melimpah tak hanya bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh tetapi juga untuk membunuh kuman dan bakteri yang bersarang di sekitarmu. "Maka yang paling baik dimulai dari rumah dulu. Buka jendela dan pintu lebar-lebar. Jangan ditutup. Pastikan sinar matahari masuk ke rumah. Dengan sinar matahari, kuman secara alamiah akan mati," urainya.

BACA JUGA:

Terindikasi Corona, Idola Kpop Ini Dikarantina

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan