Alasan Sutradara Tidak Munculkan Wajah Pemeran Michael Jordan di Film 'Air'

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Kamis, 06 April 2023
Alasan Sutradara Tidak Munculkan Wajah Pemeran Michael Jordan di Film 'Air'
Beberapa pemain di film Air. (Foto: CINEMA 21)

SUTRADARA film Air Ben Affleck, mengungkapkan alasan wajah pemeran Michael Jordan tidak muncul dan mengapa ia mengambil pendekatan berbeda dalam menempatkan sosok legendaris itu di dalam film.

Menurut Affleck, Michael Jordan merupakan sosok pebasket yang sangat besar dan berpengaruh sehingga sulit untuk menggambarkan karakternya melalui peran aktor.

"Michael Jordan sangat terkenal. Saya benar-benar merasa jika kita melihat seorang aktor memainkannya, itu akan sulit membuat penonton menyingkirkan ketidakpercayaan mereka, karena, menurut pendapat saya, tidak ada yang bisa meyakinkan siapa pun bahwa seseorang yang bukan Michael Jordan adalah Michael Jordan," kata Affleck, seperti dilansir ANTARA, Rabu (5/4).

Affleck memiliki cara unik untuk menceritakan tentang Jordan, yaitu dengan membuat sang pebasket muncul, namun agak samar dan tidak sepenuhnya menampilkanya sang legendar bermain dalam film Air. Dengan begitu, Affleck ingin penonton membayangkan sendiri sosok Michael Jordan yang mereka maknai selama ini.

Baca juga:

'Air', Film Kelahiran Nike Air Jordan Segera Rilis

"Kehadiran dan pengaruhnya terasa sepanjang film, meski kita tidak melihat wajahnya. Karena dia adalah ikon, sosok yang sangat penting dan bermakna, seseorang yang sangat dihormati semua orang. Kami tidak ingin menghancurkan ilusi, tetapi, membiarkan penonton membangkitkan ingatan dan pengalaman mereka sendiri tentang apa yang dimaksud Michael Jordan," katanya.

Dalam trailernya, penonton memang tidak akan menemui wajah Jordan yang diperankan oleh Damian Delano Young. Sosok Jordan hanya muncul di satu adegan, itu pun disorot dari bagian belakang dan samping. Meski begitu, film ini tetap menampilkan cuplikan video asli dari momen-momen tertentu Michael Jordan.

Affleck mengatakan, Air bukan berbicara tentang sosok Jordan, melainkan orang-orang yang berada di balik pembuatan sepatu Air Jordan, termasuk ibu Michael Jordan, Deloris Jordan yang diperankan oleh Viola Davis. Sang ibu memiliki peran penting dalam keputusan mewujudkan sepatu legendaris tersebut.

Baca Juga:

Brendan Fraser 'Comeback' dengan Eksis di Penghargaan Film

Alasan Sutradara Tidak Munculkan Wajah Pemeran Michael Jordan di Film 'Air'
Ben Affleck turut bermain di film Air. (Foto: Youtube@MGM)


"Penonton mungkin mulai melihatnya dengan serangkaian ekspektasi tertentu, tetap kemudian ceritanya berkembang menjadi lebih banyak tentang karakter Viola, Deloris Jordan, ibu Michael. Itulah yang kami sukai dari ceritanya," kata aktor Matt Damon.

Dalam film Air, Matt Damon berperan sebagai Sonny Vaccaro yang bekerja di bagian pemasaran Nike dan bersikeras untuk dapat mengontrak Michael Jordan. Selain itu, Affleck juga bermain sebagai CEO Nike Phil Knight.

Film Air juga diramaikan oleh penampilan aktor-aktor lain seperti Jason Bateman, Chris Messina, Chris Tucker, dan Matthew Maher. (and)

Baca Juga:

Rupawan, Selebritas ini Tetap Insecure

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan