Alasan Sri Mulyani Layak Naik Kelas di Kabinet Baru Jokowi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 16 Oktober 2019
Alasan Sri Mulyani Layak Naik Kelas di Kabinet Baru Jokowi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (MP/Rizki Fitrianto)

Merahputih.com - Keberhasilan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam banyak hal di pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla dinilai sangat layak dipertahankan di pemerintahan kedua Jokowi.

Bahkan, kelihaian wanita berusia 57 tahun itu dalam mengelola keuangan negara dengan baik di tengah kondisi ekonomi global yang tidak menentu menempatkan Sri Mulyani pantas naik posisi sebagai Menteri Koordinator.

Baca Juga:

Pemerintah Naikkan Cukai Rokok, Ini Kata Anggota DPR

Hal tersebut diungkapkan Direktur Suropati Syndicate,M Shujari menanggapi kinerja para anggota Kabinet Indonesia Kerja jilid pertama yang masa tugasnya akan segera berakhir.

"Kualitas Sri Mulyani sudah ditunjukkan ketika beliau menjadi Menkeu dengan kemampuan menjaga defisit APBN di bawah 2% PDB. Oleh sebab itu, dirinya harus dipertahankan, bahkan sangat pantas menjadi Menko Perekonomian," jelasnya, Rabu (16/10).

Dalam kapasitas sebagai Menteri Keuangan, Sri Mulyani memang tidak perlu diragukan. Meski tidak termasuk jajaran menteri perdana di kabinet Jokowi-Jusuf Kalla, karena Sri Mulyani menjadi menteri keuangan menggantikan Bambang Brodjonegoro pada 27 Juli 2016, namun sepak terjang dalam mengelola keuangan negara diakui internasional.

Menkeu Sri Mulyani ungkap pertumbuhan ekonomi Indonesia relatif stabil
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Tak heran jika di tahun 2018, Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan terbaik di dunia.

"Hal itu menjadi bukti bahwa pengelolaan ekonomi Indonesia dalam jalur yang tepat dan efektif. Artinya, dari sisi visi, Sri Mulyani punya kapasitas untuk mengelola ekonomi makro fiskal dengan baik dan efektif. Dengan menjadi Menko Perekonomian, maka dirinya akan menjadi komandan yang sangat berpengalaman dan tahu kondisi ekonomi Indonesia," lanjutnya.

Hal lain yang ada pada diri Sri Mulyani jika dipercaya sebagai Menko Perekonomian tak lain pada kemampuan manajerial dan juga visi ke depan dalam mengamati pasar serta dunia usaha.

Baca Juga:

Tagar #SMIBukaBukaan Ramai di Twitter, Netizen Tuntut Sri Mulyani Jelaskan Kasus BLBI

Banyak pelaku pasar berharap kabinet baru pemerintahan Joko Widodo di periode kedua bisa lebih baik, terutama menjaga iklim dunia usaha yang lebih kondusif.

"Sosok Sri Mulyani yang punya track record bagus dan integritas tinggi cocok sebagai koordinator kementerian-kementerian strategis di bidang ekonomi yang penting dalam mendukung dunia usaha. Terutama bagaimana menjaga agar regulasi-regulasi di dunia usaha tidak saling tumpang tindih dan menjadi hambatan," ungkap Shujari. (Knu)

#Sri Mulyani #Menteri Keuangan
Bagikan
Bagikan