Alasan Pemerintah Restui Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 29 Juni 2022
Alasan Pemerintah Restui Indonesia jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023
Menpora Zainudin Amali meninjau venue tenis meja di bekas pabrik gula De Tjolomadoe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Senin (20/6). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pernyataan ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

“Ada permohonan PSSI untuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Pemerintah sudah menyetujui dan mempersilakan PSSI (untuk mengajukan diri kepada AFC),” kata Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Selasa (28/6).

Baca Juga

Direstui Presiden Jokowi, PSSI Gerak Cepat soal Pencalonan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Asia 2023

Menurut Amali, dalam waktu dekat PSSI mulai bergerak menemui perwakilan AFC. “PSSI yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum serta Sekjen akan menemui AFC,” lanjut dia.

Amali menjelaskan pertimbangan pemerintah menyetujui usulan PSSI tersebut karena jadwal penyelenggaraan Piala Asia 2023 yang berdekatan dengan Piala Dunia U-20 2023.

Piala Asia 2023 dijadwalkan bergulir pada Juni-Juli setelah pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung pada Mei-Juni.

“Jadi kami masih dalam keadaan siap. Infrastruktur masih ada, sumber daya manusia (SDM) juga masih ada sehingga tidak terlalu sulit bagi kami untuk melaksanakan Piala Asia 2023,” ucap politikus Golkar ini.

Sebelumnya, Tiongkok mengundurkan diri sebagai tuan rumah Piala Asia 2023, karena merebaknya varian COVID-19 Omicron di Negara Tirai Bambu tersebut.

Baca Juga

Hasil Piala Presiden 2022: Borneo FC Hajar Rans Nusantara, Persija Kembali Takluk

Konfederasi Sepak Bola Asia memberikan kesempatan kepada 24 tim peserta untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah. AFC memberikan tenggat waktu hingga akhir Juni 2022 untuk melengkapi persyaratan.

Sejauh ini sudah ada beberapa negara yang secara resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023, yakni Qatar, Jepang, Korea Selatan, dan Australia.

Timnas Indonesia sendiri sudah memastikan lolos ke Piala Asia 2023. Pasukan Shin Tae-yong menduduki posisi dua runner-up terbaik.

Jika dipilih AFC menjadi tuan rumah, Indonesia mengulang prestasi pada 2007 silam saat menjadi host bersama Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Tak hanya itu, kesempatan bagus juga didapat Shin Tae-yong jika Indonesia menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Pelatih asal Korea Selatan itu akan maksimal mempersiapkan Timnas Indonesia U-20 dan Senior di satu negara atau tempat, yakni Indonesia. (Knu)

Baca Juga

Timnas Indonesia Melesat di Ranking Terbaru FIFA, Ketum PSSI: Target Saya 150 Besar

#Piala Asia 2023 #Zainudin Amali #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan