Alasan PDIP Masukkan Nama Gibran di Bursa Pilgub DKI

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 14 Februari 2023
Alasan PDIP Masukkan Nama Gibran di Bursa Pilgub DKI
Sekretaris DPD PDI Perjuangan DKI Gembong Warsono. (Foto: MP/Asropih)

MerahPutih.com - Nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka santer masuk dalam bursa calon gubernur (cagub) DKI Jakarta pada Pilgub 2024.

Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, pertimbangan utama nama putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu masuk calon kontestan Pilgub DKI, lantaran Gibran dianggap mampu menjaga ketersinambungan pemerintah daerah.

"Artinya, program yang sudah terbangun oleh pendahulunya bisa dilanjutkan dalam rangka memaksimalkan pelayanan publik. Itu yang pertama kami cermati dalam diskusi internal," kata Gombong saat dikonfirmasi, Selasa (14/2).

Baca Juga:

Gibran akan Naik Kereta Garuda Putra saat Jumenengan ke-19 PB XIII

Kendati demikian, Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta ini menuturkan, semua kewenangan calon kepala daerah yang ikut kontestasi pilkada nanti berada di tangan ketua umum partai berlambang banteng moncong putih itu, Megawati Soekarnoputri.

"Walaupun sekali lagi, pada ujungnya nanti keputusan di DPP Partai," paparnya.

Di sisi lain, kata Gembong, nama Gibran sudah dikenal publik hingga elite PDI Perjuangan.

"Pasti, yang akan kita dorong pasti akan kita cermati faktor-faktor pendukung untuk mencapai kemenangan itu. Artinya kita enggak mungkin mencalonkan kader yang potensi besarnya adalah kalah, enggak mungkin," terangnya.

Baca Juga:

FX Rudy Angkat Suara Gibran Masuk Bursa Penjaringan Pilgub DKI Jakarta

Gembong mengungkapkan, nama-nama yang sudah muncul itu baru berupa bakal calon atau belum resmi. Tapi, nama-nama yang muncul merupakan kader yang dinilai maksimal di daerah.

"Maka, dari beberapa diskusi-diskusi itu, baru sekadar muncul nama-nama yang kita teropong. Kenapa kita teropong, karena kita anggap mereka adalah kader yang ditugaskan menjadi kepala daerah, kita anggap berhasil membawa daerahnya lebih baik," urainya.

Diketahui, Gibran Rakabuming Raka masuk bursa bakal cagub DKI Jakarta bersama tiga kader PDIP lainnya, yakni Menteri Sosial Tri Rismaharini, Kepala LKPP Hendrar Prihadi, hingga MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas. (Asp)

Baca Juga:

Gibran Ungkap Penyebab Kota Solo Kebanjiran Wisatawan saat Libur Imlek 2023

#Gembong Warsono #PDIP #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan