Alasan Paling Aman Minta Maaf Enggak Bisa Datang Silaturahmi Saat Lebaran Ada sejumlah cara minta maaf paling aman ketika enggak bisa silaturahmi kerumah saudara (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

APLIKASI pesan whatsapp banjir notifikasi di hari lebaran. Kebanyakan ungkapan selamat lebaran dan meminta maaf, juga undangan silaturahmi sambil mencicipi ketupat dan opor ayam. Memang siapa bisa menolak undangan menyantap kue lebaran, iming-iming 'salam tempel', dan hidangan spesial lebaran. Namun, terkadang hal-hal teknis sehingga enggak bisa memenuhi undangan.

Meski di masa pandemi COVID-19 mengharuskan setiap orang menjaga jarak malah kalau bisa di rumah saja, tetap saja udangan terus berdatangan tanpa henti. Acara kumpul-kumpul tetap digelar meski harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mulai acara keluarga, teman, hingga kenalan.

Baca Juga:

Deretan Cara Minta Maaf Paling Ekstrem, Yakin Berani?

Bagi kebanyakan orang Indonesia, undangan merupakan sebuah kehormatan. Undangan seolah harus dibayar tuntas dengan kedatangan sebagai bentuk penghormatan. Apalagi undangan di momen spesial, seperti pernikahan, pesta ulang tahun, dan acara keagaaman macam lebaran.

Namun, terkadang situasi dan kondisi tak selalu mulus. Banyak faktor sehingga seseorang tidak bisa menggenapi undangan. Mau enggak hadir takut menyaikiti hati tuan rumah. Datang tapi memang benar-benar enggak bisa. Seolah maju kena mundur kena.

Sebenarnya hak setiap orang untuk hadir atau tidak ketika diundang pada sebuah acara. Hanya saja ada semacam ketentuan umum perkara enak enggak enak. Di situ beban terberatnya bila enggak hadir.

Alasan pandemi cukup ampuh untuk alasan meminta maaf tak bisa berkunjung silaturahmi ke keluarga (Foto: pixabay/fernandozhiminaichela)

Meski bukan berarti pengundang enggak punya pemakluman bila orang diundang berhalangan. Pengundang akan maklum bila alasannya masuk akal, lebih penting, atau sedang dalam kondisi genting.

Saat lebaran, biasanya banyak orang berdalih dengan berbagai alasan minta maaf ketika tak bisa berkunjung ke rumah saudara. Hal tersebut demi menutupi faktor dan non teknis, seperti memang sedang ada acara keluarga, atau bisa juga ekonomi sedang tidak bagus sebab tuntutan umum harus membawa hampers, atau sekadar membagikan 'salam tempel'.

Jika kamu sedang dalam kondisi demikian, ada beberapa alasan paling aman untuk minta maaf tak bisa datang silaturahmi ke tempat saudara di Hari Raya Idulfitri. Deretan alasan paling aman berikut dijamin para keluarga akan mengerti dan memaklumi.

Alasan minta maaf paling aman pertama terkait situasi pandemi COVID-19. Dengan beralasan saling menjaga kesehatan antarkeluarga, sehingga cuma bisa bertemu via video conference. Tentu sanak saudara akan memaklumi tak bisa bersilaturahmi langsung tatap muka.

Terlebih saat ini pemerintah memberlakukan larangan mudik, dan melakukan penyekatan di sejumlah perbatasan wilayah. Tentunya, para keluarga akan mengerti akan kondisi tidak kondusif bepergian linta kota di hari lebaran.

Baca Juga:

Alasan Minta Maaf Paling Basi Ketika Lupa Hari Ulang Tahun Pasangan

Alasan sibuk bekerja kemungkinan besar dimaklumi (foto: pixabay/pexels)

Lalu, alasan minta maaf paling aman kedua ketika tak bisa silaturahmi ke rumah saudara, pura-pura sibuk bekerja, dan harus piket di saat lebaran.

Alasan satu ini terbilang klasik, tapi cukup ampuh dan sulit untuk ditolak. Sebab, sejatinya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seseorang harus bekerja demi mendapatkan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Apalagi, di situasi pandemi ini banyak perusahaan terpaksa gulung tikar dan memutus hubungan kerja karyawannya. Terlebih peluang untuk mendapatkan pekerjaan di masa pandemi sangat sulit. Jadi, memberikan performa kerja terbaik menjadi kunci untuk tetap bisa bekerja dan diandalkan perusahaan. Dengan begitu, pihak keluarga akan memaklumi jika perkerjaan memang harus jadi prioritas.

Berpura-pura sakit merupakan alasan yang bisa diterima dengan baik oleh keluarga (foto: pixabay/stevepb)

Alasan minta maaf paling aman ketiga berpura-pura sakit. Dalam hal ini, kamu bisa beralasan sedang tidak enak badan, luka karena main petasan, masuk angin karena kurang tidur, dan kelelahan mengurusi persiapan lebaran, dan sebagainya.

Ketika kamu beralasan sakit, pihak keluarga pun pasti akan mengerti dan memaklumi. Bila dipaksakan pergi silaturahmi dan tambah parah, maka keluarga dikunjungi pun akan merasa bersalah dan tidak enak. Apalagi di masa pandemi mejadi sebuah keharusan orang sedang tidak enak badan apalagi sakit sebaiknya istirahat karena imun sedang menurun dan berpotensi terpapar COVID-19.

Pura-pura ponsel rusak bisa menjadi solusi untuk alasan meminta maaf tak bisa berkunjung silaturahmi ke rumah saudara (Foto: pixabay/usa-reiseblogger)

Selanjutnya, alasan paling aman keempat untuk minta maaf, dengan berpura-pura ponsel rusak. Cara satu ini terbilang cukup ampuh, tapi risikonya kamu harus mematikan ponsel seharian. Bila ada keperluan penting mendadak, kamu tidak akan mengetahui informasi apapun, khususnya soal pekerjaan.

Meski begitu, cara tersebut paling masuk akal dan bisa diterima pihak keluarga. Bila tidak ada alat untuk berkomunikasi, kamu tidak mengetahui ada undangan, apakah saudaramu ada di rumah, atau sedang pergi dan sebagainya.

Namun, ibarat pepatah 'sepandai-pandainya tupai melompat pasti akan jatuh juga' itu bisa terjadi pada kamu ketika gengsi berbicara bila sedang tidak punya uang untuk berkunjung, dan memilih untuk meminta maaf dengan seribu alasan.

Sebaiknya kamu bicara jujur apa adanya kepada sanak saudara bila tidak bisa bersilaturahmi di hari Lebaran. Kejujuran lebih baik daripada kebohongan, apalagi di saat hari Raya Idulfitri nan penuh dengan kesucian.

Bila kamu tidak memiliki uang untuk berkunjung, setidaknya kamu tetap bisa bersilaturahmi lewat online, seperti melalui telepon, video call, atau bahkan video conference via zoom. Dengan begitu, tali silaturahmi pun akan tetap terjaga mesti tak bisa bertatap muka.

Ingat berani jujur pecat hebat! (Ryn)

Baca Juga:

Mpok Minah 'The Queen' of Minta Maaf

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kutipan Bung Karno yang bakal Membakar Semangatmu Lagi
Fun
Kutipan Bung Karno yang bakal Membakar Semangatmu Lagi

Relate banget deh dengan kondisi saat ini.

Lady Gaga Pakai Face Shield Karya Desainer Indonesia
Fashion
Lady Gaga Pakai Face Shield Karya Desainer Indonesia

Lady Gaga tampil dengan face shield hasil rancangan Rinaldy Yunardi, maestro aksesori Indonesia.

Usir Gerah saat Berpuasa
Hiburan & Gaya Hidup
Usir Gerah saat Berpuasa

Selain minum air hangat.

Mengenal Jamur Ajaib yang Berguna Bagi Kesehatan
Fun
Sulitnya Meminta Maaf
Hiburan & Gaya Hidup
Sulitnya Meminta Maaf

Mereka sering memilih untuk berbalik dan menyalahkan orang lain.

5 Mitos Anti-Aging, Mana yang Kamu Percaya?
Fun
5 Mitos Anti-Aging, Mana yang Kamu Percaya?

kamu harus tahu lebih banyak tentang bagaimana dan mengapa kulitmu menua.

Lewat Kreasi Seni, para Penyandang Disabilitas Bantu Sesama
Fun
Lewat Kreasi Seni, para Penyandang Disabilitas Bantu Sesama

Lelang Masterpiece Retrofridge yang sudah berlangsung di laman BenihBaik.com.

Ada yang Baru di ‘Hospital Playlist’ Musim Kedua
Fun
Ada yang Baru di ‘Hospital Playlist’ Musim Kedua

Menampilkan karakter baru dan jalan cerita yang lebih hangat.

Anak Sulung Raditya Oloan Kenang sang Ayah
ShowBiz
Anak Sulung Raditya Oloan Kenang sang Ayah

Begitu dekat dengan keluarga dan sering menghabiskan waktu bersama.

Airbnb Luncurkan Pengalaman Virtual 'Inside K-Pop'
ShowBiz
Airbnb Luncurkan Pengalaman Virtual 'Inside K-Pop'

Inside K-Pop adalah paspor virtual menuju keajaiban Seoul pada saat perjalanan dibatasi.