Teknologi
Alasan Mengapa Super App Butuh Keamanan Ketat Keamanan para pengguna aplikasi super nantinya harus menjadi prioritas utama. (Foto: Unsplash/Thomas Lefebvre)

SUPER App atau aplikasi super merupakan platform yang dikembangkan oleh suatu perusahaan dan menawarkan berbagai macam layanan dalam satu aplikasi, mulai dari layanan transportasi, e-commerce, pembayaran, dan sebagainya. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana mereka bisa menjaga keamanan sistem digital aplikasi super tersebut.

Menurut data ITSEC Asia, saat ini aplikasi super sedang gencar dikembangkan oleh bank dan perusahaan-perusahaan rintisan, bahkan pemerintah Indonesia juga berencana untuk melebur sekitar 24 ribu milik pemerintah menjadi satu aplikasi super.

Pakar keamanan siber dan Presiden Direktur ITSEC Asia, Andri Hutama Putra, mengatakan bahwa aplikasi super memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa memberikan layanan yang praktis dan efektif kepada masyarakat. Ia juga menekankan bahwa keamanan para pengguna aplikasi super nantinya harus menjadi prioritas utama.

"Super App butuh keamanan super, karena kompleksitas pengembangan Super App juga meningkatkan resiko kemanan siber di dalamnya. Banyak tantangan dalam pengelolaan resiko keamanan untuk aplikasi super. Dalam pengembangan dan perjalanannya, aspek security harus terintegrasi dari awal inisiasi sampai dengan proses development dan operations saat berjalan,” terang Andri.

Baca juga:

Aplikasi Buatan Anak Negeri ChatAja Hentikan Layanan di Akhir 2021

Alasan Mengapa Super App Butuh Keamanan Ketat
Diperlukan upaya ekstra dalam pengujian aplikasi. (Foto: Unsplash/Scott Graham)

ITSEC Asia sebagai perusahaan keamanan siber menjelaskan tantangan-tantangan beserta aspek pengelolaan resiko keamanan yang perlu diperhatikan bagi perusahaan atau instansi yang akan mengembangkan aplikasi super.

1. Penyimpanan Data Masif Perlu Pengamanan Data secara Komprehensif dan Ketat

Ada beberapa alasan mengapa aplikasi super dapat dikatakan sebagai target memikat bagi para penjahat siber. Salah satu alasan utamanya terletak pada banyaknya data pribadi pengguna yang dikumpulkan dan dikelola di dalamnya.

Aplikasi super yang dapat melakukan segalanya akan membutuhkan banyak masukan data pengguna dan juga konektivitas data dengan berbagai layanan-layanan eksternal. Pengembang aplikasi sendiri belum tentu memiliki kontrol penuh terhadap berbagai elemen layanan yang melakukan pertukaran data di dalam aplikasi.

Oleh karena itu perlu adanya sistem keamanan komprehensif untuk menjaga data baik itu dalam fase ‘data at rest’ atau data diam tersimpan, ‘data in transit’ atau data bergerak, maupun ‘data in use’ atau data sedang dipakai.

Baca juga:

4 Jenis Aplikasi Untuk Editing Audio Podcast di Ponsel Pintar

Alasan Mengapa Super App Butuh Keamanan Ketat
Tantangan terbesarnya adalah bagaimana mereka bisa menjaga keamanan sistem digital aplikasi super tersebut. (Foto: Unsplash/Bruce Mars)

2. Semakin Banyak Layanan, Semakin Banyak Permukaan yang Perlu Dilindungi

Berbagai layanan yang dimunculkan di dalam aplikasi super juga memperbanyak permukaan yang dapat menjadi potensi serangan. Sebab, setiap layanan baru akan membawa komponen yang terhubung melalui Application Programming Interface (API) untuk saling berkomunikasi. Ini membuat ada banyaknya potensi kerentanan pada jalur-jalur koneksi layanan di dalam aplikasi yang dapat dieksploitasi.

Untuk melindungi koneksi antar layanan, penting untuk menyembunyikan panggilan API menggunakan metode obfuscation atau penyamaran kode dan melindungi kredensial API dengan enkripsi. Selain itu metode Runtime Application Self Protection (RASP) memungkinkan adanya fungsi keamanan dalam aplikasi itu.

3. Perkembangan Cepat Aplikasi Super Perlu Kecepatan Perbaikan Security Bug

Aplikasi super pada praktiknya selalu berkembang sangat cepat mengikuti kebutuhan gaya hidup pengguna. Pembaruan yang terus menerus tersebut perlu dibarengi pengecekan dan identifikasi bug/error yang dapat menjadi celah keamanan. Diperlukan upaya ekstra dalam pengujian aplikasi, mencari security bugs, dan melakukan patching untuk menutup celah keamanan.

"Dengan kepopuleran Super App saat ini, maka penting untuk membangun infrastruktur keamanan siber yang kuat untuk melindungi pengguna dari potensi kejahatan siber yang mengintai. Selain itu sistem keamanan siber juga penting bagi perusahaan atau instansi penyedia Super App agar dapat membangun kepercayaan publik dan juga memberikan pengalaman yang baik untuk pengguna,” tutup Andri. (and)

Baca juga:

Pentingnya Aplikasi Adaptif untuk Pengalaman Digital Terbaik

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Porsche Taycan Cetak Rekor Baru di Sirkuit Nurburgring
Fun
Porsche Taycan Cetak Rekor Baru di Sirkuit Nurburgring

Kalahkan rekor waktu Tesla Model S Plaid pada 2021.

Ibu Perpustakaan, Maaf Aku Mengakali Jumlah Buku Pinjaman
Fun
Ibu Perpustakaan, Maaf Aku Mengakali Jumlah Buku Pinjaman

Aku memalsukan catatan jumlah buku yang dipinjam.

BUMN Startup Day 2022 Ajang Kolaborasi Perusahaan Rintisan
Hiburan & Gaya Hidup
BUMN Startup Day 2022 Ajang Kolaborasi Perusahaan Rintisan

BUMN Startup Day 2022 digelar di ICE, BSD City, Tangerang.

Gachaco akan Membuat Baterai Tukar untuk Motor Listrik di Jepang
Hiburan & Gaya Hidup
Gachaco akan Membuat Baterai Tukar untuk Motor Listrik di Jepang

Gachaco berencana untuk membuat baterai tukar di motor listrik Jepang. Brand tersebut adalah Honda, Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki.

Voetballbond Indonesia Jacarta Cikal Bakal Persija
Olahraga
Voetballbond Indonesia Jacarta Cikal Bakal Persija

Pada 28 November 1928, menjadi hari lahirnya Persija yang didirikan oleh Soeri dan Alie.

Mengapa Hamster Sering Berlari di Roda Putar?
Fun
Mengapa Hamster Sering Berlari di Roda Putar?

Hamster berlari di roda putar sebagai dorongan bertahan hidup.

Rifat Sungkar Berikan Pesan Penting untuk Pengguna Mobil Turbo
Fun
Rifat Sungkar Berikan Pesan Penting untuk Pengguna Mobil Turbo

Rifat Sungkar selaku pembalap sekaligus duta merek Mitsubishi Indonesia mengatakan, bahwa merawat mesin turbo tidaklah sulit, tapi perlu perhatian ekstra

Roti Lapis hingga Makanan Kukus Diprediksi Ramai di 2022
Fun
Roti Lapis hingga Makanan Kukus Diprediksi Ramai di 2022

Makanan sehat diprediksi populer di 2022.

Jual Saham Perusahaan Wine, Angelina Jolie Dituntut Brad Pitt
ShowBiz
Jual Saham Perusahaan Wine, Angelina Jolie Dituntut Brad Pitt

Tahun lalu, aktris 46 tahun itu menjual bagian sahamnya kepada oligarki Rusia, Yuri Shelfer.

Tugas Mulia 'Babysitter' di Konser Musik
Fun
Tugas Mulia 'Babysitter' di Konser Musik

Bukan menjaga bayi, melainkan untuk teman-teman serombongan konser.