Alasan Kamu Wajib Aplikasikan Primer di Bulu Mata, Kelopak Mata, Wajah, dan Bibir Pentingnya Primer untuk mata, wajah dan bibir (Sumber: Franki Durbin)

PRIMER seolah menjadi bagian tak terpisahkan dalam dunia kosmetik. Bagaimana tidak? Keberadaannya mampu membuat riasan wajah lebih tahan lama dan meningkatkan penampilan kulit. Primer yang diaplikasikan ke wajah secara khusus diformulasikan untuk membuat riasan tampak lebih halus dan menyamarkan jerawat atau garis-garis halus. Tak hanya itu, primer juga membantu mengeluarkan pigmen atau warna produk yang sebenarnya.

Banyak yang berpikir bahwa primer hanya perlu diaplikasikan di bagian dahi, pipi atau T-Zone. Padahal, setiap bagian di wajah perlu mendapat sentuhan primer loh. Misalnya bagian kelopak mata, bulu mata, atau bibir. Make-up artist representatif Lancome, Jasmine Ferreira mengatakan primer perlu diaplikasikan ke kelopak mata karena bagian mata yang berkerut dapat membuat riasan lebih cepat meleleh dan berkerut. Berikut manfaat primer bagi setiap sudut anggota tubuhmu:

1. Primer di Bulu Mata

Primer di Bulu Mata
Primer dapat menebalkan bulu mata (Sumber: Home Nature Remedy)

Meskipun kita berpikir melapisi bulu mata dengan primer tidak terlalu penting, Ferreira mengatakan bahwa primer membantu bulu mata terlihat tebal dan panjang. "Beberapa primer khusus bulu mata juga diformulasikan dengan vitamin yang dapat menyehatkan dan memanjangkan bulu mata," jelasnya.

2. Primer di Kelopak Mata

Eyeshadow
Warna eyeshadow lebih "keluar" setelah mengaplikasikan primer (Sumber: YouTube/AlexandraGirlyTalks)

Eyeshadow cenderung berantakan setelah diaplikasikan selama beberapa waktu. Serpihan eyeshadow pun dapat jatuh ke bagian bawah mata, alis atau bahkan pipi. Jika sudah demikian, penampilan kita pun akan rusak. Itulah sebabnya kita perlu mengaplikasikan primer di kelopak mata. Tak hanya membantu eyeshadow bertahan di tempatnya, primer juga berfungsi membuat warna eyeshadow lebih pigmented.

3. Primer di Bibir

Lipstik
Primer untuk bibir (Sumber: Birch Box)

Primer bibir adalah salah satu dari sekian langkah yang cenderung dilewati. Alasannya, kaum hawa berpikir bahwa primer tak memberi pengaruh berarti saat diaplikasikan ke bibir. Mayoritas perempuan berpikir bahwa mengaplikasikan lip balm atau lipgloss saja sudah cukup. Padahal tak selalu demikian lo. Primer bibir wajib diaplikasikan terutama jika kamu memilih riasan bibir dengan warna gelap. Primer di bibir mencegah bibir kering, munculnya garis-garis halus serta membuat bibir terlihat plumpy.

4. Primer di Wajah

Primer face
Primer buat riasan lebih awet (Sumber: Cosmopolitan)

Primer wajah adalah metode pengaplikasian make-up paling standar yang telah banyak dilakukan. Banyak orang berpikir bahwa primer wajah adalah "pahlawan" bagi penampilan mereka. Keberadaannya mampu membuat riasan tahan lebih lama serta menyamarkan noda-noda di wajah. Primer wajah tersedia dalam berbagai macam variasi yang dapat disesuaikan dengan kondisi kulitmu. Mulai dari primer untuk hasil akhir matte atau hasil akhir dewy.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH