Alasan Mayjen Cucu Sumantri Terima Pinangan Iwan Bule Jadi Cawaketum PSSI Iwan Bule (BolaSkor.com/ Hadi Febriansyah)

MerahPutih.com - Bakal calon ketua umum PSSI, Komjen Mochamad Iriawan akan bersinergi dengan Mayjen Cucu Sumantri sebagai calon wakil ketua umum PSSI untuk memajukan persepakbolaan Indonesia.

Menurut Cucu, dirinya memiliki banyak kesamaan dengan sesama kompatriotnya di Lemhanas itu karena kesamaan visi misi.

Baca Juga: Iwan Bule: Tahun 2026, Indonesia Masuk Piala Dunia

"Kami lihat visi dan misi kita sama dan bagus, jadi kenapa saya tidak membantunya saja. Ini latar belakang kenapa saya mau mencalonkan diri," papar Cucu kepada wartawan di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

Pria asal Garut itu mengatakan ingin mengabdikan hidupnya di sepak bola Indonesia. Ia mengklaim, motivasinya bukan cari jabatan.

"Saya juga menjelang akhir menjadi prajurit TNI. Saya juga dibesarkan di TNI dan sudah mengalami banyak jabatan kepercayaan dari negara," papar Cucu.

Iwan Bule. Foto: MP/Kanu

Pria yang kini menjabat sebagai Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Geografi Lemhannas itu menyebut, dirinya memutuskan untuk mendampingi Iwan karena merasa memiliki visi dan misi serupa terkait PSSI. Mereka mau membawa organisasi sepak bola yang lahir 19 April 1930 itu ke arah lebih baik.

Baca Juga: Resmi, PSSI Jatim Usung Iwan Bule Jadi Ketum PSSI

"Kami akan membenahi ini bersama-sama. Saya mendukung sepenuhnya visi serta misi Pak Iwan dalam kapasitas saya untuk memberikan bantuan," kata Pangdam I/Bukit Barisan periode 2017-2018 itu.

Terkait latar belakang sepak bolanya, Cucu mengaku pernah menjadi pembina klub PSDS Deli Serdang ketika masih bertugas di wilayah tersebut. Cucu pernah menjadi Dandim 0204/Deli Serdang pada tahun 2000.

Pada tahun 2006, Cucu yang kala itu menjabat Komandan Brigif 15/Kujang, yang bermarkas di Cimahi, Jawa Barat, juga terlibat dalam pembinaan wasit PSSI.

"Itu waktu Pak Nugraha Besoes masih menjadi Sekjen PSSI," tutur Cucu yang mengenakan baju Timnas Indonesia ini.

Cucu dan Iwan Bule mempunyai harapan besar bisa membawa sepak bola Indonesia menjadi lebih baik lagi kedepannya. Iwan sudah terlibat di kompetisi sepak bola Indonesia dan pernah menjadi penasihat klub Persib Bandung pada 2009.

Selain itu, ia juga aktif sebagai pelindung di Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat. Sosok Iwan selama berkarier di kepolisian pun bisa dikatakan cemerlang.

Iwan lebih banyak bertugas dalam bidang reserse kriminal. Sebelumnya, Iriawan juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi dan Pengamanan Polri.

Baca Juga: Maju sebagai Caketum PSSI, Iwan Bule Klaim Didukung 50 Voters

Iwan pernah pula menjabat Kapolda Jawa Barat pada 2013 dan menjadi Kapolda Metro Jaya pada 2016. Namun, ia sempat dikaitkan dengan beberapa kasus besar, termasuk kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

Dalam pencalonan ini, Iwan juga menggandeng petinggi TNI, yakni Mayjen TNI Cucu Sumantri untuk menjadi pendampingnya kelak. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH