Alasan Kenapa Baju Baru Wajib Dicuci Cuci dan keringkan baju baru sebelum pemakaian perdana. (Foto: Pixabay)

SOB, mungkin kamu pernah mengalami ini. Beli baju baru, lalu enggak sabar ingin buru-buru memakainya. Akibatnya, baju pun langsung dipakai tanpa mencucinya terlebih dahulu.

Alih-alih kelihatan keren, hati-hati, kamu malah bisa rugi. Lo, kenapa? Ini alasannya.

1. Enggak semua orang berkulit sehat

Kulit sehat
Tidak semua orang memiliki kulit sehat seperti ini. (Foto: Pixabay)

Kamu ‘ngeh’ enggak kalau baju barumu pernah dicoba calon pembeli lain? Yes, baju-baju yang dipajang di gerai pakaian biasanya dicoba beberapa orang. Sayang, enggak semua orang memiliki kulit sehat.

Jadi, kebayang kan, kenapa kamu wajib mencuci baju barumu sebelum memakainya? Jawabannya sudah pasti agar kamu tidak tertular penyakit kulit dari orang-orang yang pernah mencoba bajumu.

2. Mengandung bahan kimia

Bahan kimia
Pembuatan tekstil kerap memakai bahan kimia. (Foto: Pixabay)

Pewarnaan pakaian tentunya membutuhkan bahan kimia. Nah, baju barumu terutama yang berwarna juga mengandung bahan-bahan kimia. Pernah dengar nama formahelid? Ini adalah bahan kimia untuk mencegah jamur dan menjaga pakaian bebas kerut.

Walaupun manfaatnya bagus untuk bajumu, residu formahelid pada baju barumu bisa menyebabkan kulit gatal, kemerahan dan bengkak. Untuk membuang residu tersebut, salah satu cara adalah mencuci baju baru sebelum dipakai.

3. Kontrol kualitasnya rendah

Quality control
Tidak semua pabrik memiliki standar kontrol kualitas tinggi. (Foto: Pixabay)

Bisa jadi baju barumu diproduksi di pabrik dengan kontrol kualitas rendah. Biasanya, hal ini terjadi pada pakaian-pakaian berkualitas rendah. Daripada menerka-nerka apakah kontrol kualitas bajumu rendah, kamu lebih baik mencuci baju baru sebelum dikenakan.

Tidak apa bersabar satu atau dua hari menunggu baju siap dipakai. Daripada kulitmu gatal-gatal.

4. Risiko tertular flu

Virus
Virus bisa saja menempel di kain baju. (Foto: Pixabay)

Kamu enggak tahu kan, orang yang kemarin mencoba baju barumu saat masih dipajang di etalase sedang flu? Apesnya, virus flu dapat bertahan di kain sampai dua hari. Kalau baju barumu pernah dipakai penderita flu, kamu jadi berisiko tertular penyakit ini.

Flu itu enggak enak lo. Penyakitnya ringan, tetapi bisa bikin satu badan enggak enak. Nah, mendingan mencuci baru sebelum memakainya, kan?

5. Debu

Debu
Baju baru tidak berarti bebas dari debu. (Foto: Pixabay)

Kamu juga tidak tahu sudah berapa lama baju barumu dipajang di etalase. Selama dipajang, debu-debu tipis bisa jadi menempel di kain. Kehadiran debu-debu ini jarang disadari. Namun, bisa membuat gatal dan alergi bagi para pemilik kulit sensitif.

Tapi, tenang. Kalau indera penciumanmu tajam, kamu bisa kok mencium aroma debu pada pakaian. Hayo, tahu enggak aroma debu itu seperti apa?

Nah, itulah lima alasan mengapa baju barumu wajib dicuci sebelum dikenakan. Agar terhindar dari alergi dan flu, kamu lebih baik mencuci baju barumu sebelum pemakaian perdana. (Rin)

Kredit : rina


Rina Garmina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH