Kesehatan

Alasan Kamu Tak Harus Memborong Hand Sanitizer untuk Menghindari Corona

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Sabtu, 07 Maret 2020
Alasan Kamu Tak Harus Memborong Hand Sanitizer untuk Menghindari Corona
Hand sanitizer untuk membunuh kuman (Sumber: The Street)

SELAIN masker, benda lain yang menjadi incaran banyak orang di tengah teror corona adalah hand sanitizer. Semua orang yang terserang panic buying karena fenomena corona memborong seluruh hand sanitizer yang mereka temukan di apotek ataupun supermarket. Selain hand sanitizer, beberapa orang memilih untuk memborong disinfektan untuk melindungi tangannya.

Mana yang lebih penting, hand sanitizer atau disinfektan? Jika kamu tanyakan hal itu pada dokternya, kamu akan dibuat terkejut oleh jawabannya. "Kalau untuk memerangi virus corona, saya akan jawab tidak keduanya," ujar Dokter Konsultan Paru Penyakit Dalam, Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Telly Kamelia, SpPd, KP.

Baca Juga:

WOW! Jack Ma Sumbang Satu Juta Masker Untuk Jepang

Dokter corona
dr. Telly Kamelia, SpPd, KP, banyak orang salah kaprah. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Ia mengatakan bahwa begitu banyak orang yang salah kaprah. Masyarakat awam berpikir bahwa hand sanitizer atau disinfektan dapat memerangi semua kuman dan virus yang ada di dunia ini, termasuk virus corona. "Salah satunya yang sering salah kaprah adalah apakah kita harus membunuh kuman ataukah mengurangi kejadian kuman?" tanyanya secara retoris.

Ia menambahkan kalau tujuan dari cuci tangan (hand hygiene) adalah menurunkan jumlah kuman tetapi tidak seratus persen membunuh kuman yang ada di tangan.

Baekhyun corona
Baekhyun menggunakan hand sanitizer (Foto: Glare Heaven)

"Banyak masyarakat yang bertanya, saya harus menggunakan disinfektan atau hand sanitizer untuk membunuh corona? Sedangkan ini virus. Secara logika kalau ingin membunuh virus seharusnya menggunakan antivirus. Sedangkan kalau bakteri harusnya antibiotik," lanjutnya.

Ia menegaskan bahwa hand hygiene dengan hand sanitizer fungsinya yakni untuk memastikan tangan kita bersih dan suci. "Walaupun tidak 100 persen, mencuci tangan dengan hand sanitizer atau disinfektan menurunkan prevalensi dari kuman yang masuk ke mulut, peluang jalannya kuman dari oral ke fecal (dari mulut ke tinja) akan turun," tukasnya. (avia)

Baca Juga:

Jangan Salah Kaprah, Berikut Info Seputar Corona Menurut Ahli Kesehatan

#Virus Corona #Pasien Corona #Penyakit Corona
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan