Alasan Jokowi Berpakaian Adat Bali saat Upacara HUT ke-74 RI Presiden Joko Widodo, Jan Ethes Sri Narendra dan Gibran Rakabuming Raka menjelang Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2019) (ANTAR

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat dari Klungkung, Bali, dalam upacara HUT ke-74 RI di Istana. Menurut Jokowi, alasan dia mengenakan baju adat Bali semata-mata untuk menghormati budaya Indoneska.

"Kita kan sudah 5 tahun ini sudah ganti-ganti. Dulu pernah Aceh, Sumatera Barat, pernah Kalimantan Selatan, pernah Sunda, pernah Sunda, Jawa, Betawi. Kemudian ke sana, Bali, Sasak, Bugis, pernah semua memang," kata Jokowi di Istana Kepresidenan, Sabtu (17/8)

Baca Juga: Kereta Kencana Milik Dedi Mulyadi Jadi Pembawa Bendera Pusaka Menuju Istana

Mantan Wali Kota Solo ini mengaku akan memakai baju daerah lain dalam HUT RI mendatang.

Presiden Jokowi. Foto: ANTARA
Presiden Jokowi. Foto: ANTARA

"Kekayaan budaya pakaian adat ini memang ribuan, jumlahnya ribuan. Nanti sampai ke Maluku, Papua, semua akan kita, ya...," sebut Jokowi.

Baca Juga: Upacara Unik Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia

Jokowi juga mengajak putranya, Gibran Rakabuming, dan cucunya, Jan Ethes, melihat atraksi jelang upacara. Jokowi juga mengajak Ethes berkenalan dengan asisten ajudan Syarif yang tampil beda. Setelahnya, Jokowi kembali ke dalam Istana Merdeka.

Saat ini, sejumlah pejabat hadir di Istana. Antara lain Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Menhan Ryamizard Ryacudu, Menteri LHK Siti Nurbaya.

Baca Juga: Kelakuan ASN Pemprov DKI saat Upacara 17 Agustus, Asyik Ngobrol dan tak Hormati Lagu Kebangsaan

Hadir juga Eks Ketua TKN Jokowi Erick Thohir, Sukmawati Soekarnoputri, Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH