Alasan Ganjar Emoh Perbaiki Jalur Evakuasi Merapi di Klaten Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek jalur evakausi di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten Jawa Tengah, Rabu (8/7). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyayangkan rusaknya jalur evakuasi Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jalur evakuasi tersebut rusak parah akibat kerap dilintasi truk bermuatan pasir dari penambang di Gunung Merapi bertonase melebihi jalan.

"Jalur evakuasi Gunung Merapi di wilayah Kabupaten Klaten rusak parah. Kerusakan saya temukan Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten," kata Ganjar, Kamis (9/7).

Baca Juga

Dituding Nepotisme Benih Lobster, Edhy Prabowo Siap Diaudit

Dikatakan Ganjar kerusakan jalur evakuasi di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten berada di tiga desa, yakni Desa Tegalmulyo, Desa Tlogowatu dan Desa Sidorejo. Anggaran perbaikan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah senilai Rp14 miliar.

"Kami sudah siapkan anggaran untuk membantu Pemkab Klaten memperbaiki jalur evakuasi Gunung Merapi. Total anggaran Rp14 miliar untuk perbaikan jalan di Tegalmulyo dan Desa Tlogowatu sepanjang 5 km," kata dia.

Jalur evakuasi Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten Jawa Tengah rusak parah, Rabu (8/7). (MP/Ismail)
Jalur evakuasi Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten Jawa Tengah rusak parah, Rabu (8/7). (MP/Ismail)

Ganjar mengatakan kerusakan paling parah terdapat di Dusun Deles, Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang. Karena selama ini jalur evakuasi tersebut sekaligus jadi jalan utama para penambang galian C. Politukus PDIP ini menegaskan tidak mau memperbaiki jalur evaluasi yang rusak akibat kerap dilintasi truk pasir penambang dari Gunung Merapi.

"Jalan yang rusak akibat kerap dilintasi truk pasir penambang dari Gunung Merapi biar manti diperbaiki sendiri Bupati Klaten," katanya.

Ganjar beralasan dana APBD Pemprov Jawa Tengah tidak ingin sia-sia untuk memperbaiki jalur evakausi, tetapi jalan evakuasi itu rusak kembali akibat aktivitas truk penambang pasir. Pemkab Klaten harus tegas pada penambang pasir agar tidak merusak jalur evakasi.

Baca Juga

Mahfud MD Heran Djoko Tjandra Punya KTP Padahal Miliki Paspor Negara Lain

"Kalau jalur evakuasinya dijadikan satu dengan jalur truk-truk pasir ini ya rugi saya. Yang mau kita bantu jalan ini (lewat truk pasir)?.Janganlah," keluh Ganjar. (Ismail/Jawa Tengah)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH