Alasan Erick Thohir Rampingkan Kementerian BUMN Menteri BUMN Erick Thohir di lingkungan istana kepresidenan Jakarta. ANTARA/Desca Lidya Natalia

Merahputih.com - Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan alasannya melakukan perampingan dan reformasi birokrasi di dalam tubuh Kementerian BUMN.

"Tujuan restrukturisasi ini agar kementerian dapat bekerja lebih optimal dan dapat menjadi lokomotif pembangunan bangsa," ujar Erick Thohir dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (23/11).

Baca Juga:

Erick Thohir Pangkas Deputi Kementerian BUMN

Erick Thohir mengatakan bahwa Kementerian BUMN dibentuk bukan untuk memperpanjang birokrasi. Tapi untuk membantu agar korporasi yang ada di bawahnya dapat sehat dan melayani masyarakat.

"Saya mengharapkan semua yang bekerja di dalam lingkungan Kementerian BUMN memiliki orientasi melayani," ucap Erick.

Sebelumnya Kementerian BUMN akan menetapkan lima posisi eselon I Kementerian BUMN, termasuk posisi Inspektorat Jenderal (Irjen) dalam waktu sepekan hingga dua pekan.

IMenteri BUMN Erick Thohir (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)
IMenteri BUMN Erick Thohir (ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI)

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan bahwa kalau ada perubahan struktur, maka dengan sendirinya terjadi perubahan juga terhadap struktur-struktur deputi Kementerian BUMN, termasuk penamaan deputinya juga ikut berubah.

Dengan demikian semua urusan bisnis BUMN akan ditangani oleh dua wakil menteri (wamen). Sedangkan deputi akan lebih mengurusi administrasi.

Arya juga menambahkan bahwa selain itu ada posisi di Kementerian BUMN yang selama ini belum pernah diisi pada era Menteri BUMN sebelumnya. Ia menyebut Inspektorat Jenderal atau Irjen akan dihidupkan lagi. Dengan demikian akan terdapat lima posisi eselon I yang terdiri dari tiga deputi, Sesmen, dan Irjen Kementerian BUMN.

Baca Juga:

Istana Serahkan Polemik Pimpinan BUMN ke Erick Thohir

Terkait evaluasi terhadap posisi-posisi di bawah eselon I Kementerian BUMN, Arya menjawab bahwa dengan berkurangnya deputi-deputi yang ada, maka perlu dilakukan evaluasi terhadap para asisten deputi di bawahnya, mana yang tetap menjabat asisten deputi dan mana yang tidak. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH