Alasan Beberapa Pemain Mengenakan Topeng saat Bertanding di Piala Dunia 2022

Andrew FrancoisAndrew Francois - Selasa, 29 November 2022
Alasan Beberapa Pemain Mengenakan Topeng saat Bertanding di Piala Dunia 2022
Bukan untuk mode, melainkan alat pelindung wajah. (Foto: FIFA)

BEBERAPA pemain termasuk Son Heung-min, Joško Gvardiol, dan Ellyes Skhiri, terlihat mengenakan topeng atau penutup wajah yang aneh selama pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar. Namun, masker itu bukan untuk alasan mode atau fashion, melainkan sebagai alat pelindung berteknologi tinggi.

Mengutip The Guardian, Senin (28/11), topeng itu terbuat dari bahan seperti polikarbonat dan melindungi atlet yang tengah mengalami cedera wajah, untuk memastikan mereka tetap dapat terus bermain tanpa khawatir dengan risiko kerusakan atau cedera lebih parah.

Beberapa topeng pelindung itu bahkan dicetak secara 3D agar dapat sesuai dengan kontur dan pindaian wajah setiap atlet yang bertanding. Anak emas tim nasional Kroasia Josko Gvardiol misalnya, ia mengenakan topeng wajah hitam nan khas selama pertandingan Grup F pekan lalu kontra Maroko.

Baca juga:

Krosia Menang 4-1 Lawan Kanada di Pentas Piala Dunia Qatar

Ellyes Skhiri asal Tunisia mengenakan topeng pelindung wajah. (Foto: FIFA)

Ia juga masih mengenakan topeng pelindung wajah itu dalam laga melawan Kanada pada Minggu (27/11). Bek tengah RB Leipzig itu meninggalkan lapangan usai bertabrakan dengan rekan setimnya Willi Orban pada laga awal di bulan ini, dan menunjukkan patah hidung serta luka ringan pada wajah dan matanya.

Gvardiol kemudian memutuskan tetap bertanding pada laga Piala Dunia 2022, namun dengan mengenakan topeng pelindung untuk menghindari kerusakan lebih parah pada wajahnya. Tabrakan serupa juga terjadi pada pemain Korea Selatan Son Heung-Min pada laga Liga Champions.

Bintang Tottenham Hotspur itu bertabrakan dengan bahu bek Marseille Chancel Mbemba, membuatnya harus lekas meninggalkan lapangan. Son mengaku merasa lebih aman dan nyaman saat mengenakan topeng itu selama pertandingan, dan bobotnya sangat ringan.

Baca juga:

Kamerun vs Serbia: Drama 6 Gol, Laga Tuntas 3-3

Son Heung-min merasa lebih nyaman dan aman mengenakan topeng pelindung. (Foto: FIFA)

Kiper Iran Alireza Beiranvand juga mengenakan masker yang sama setelah mengalami cedera wajah pada laga Piala Dunia Qatar 2022 kontra Inggris. Beiranvand secara dramatis bertabrakan dengan rekan setimnya Majid Hosseini dalam kekalahan 6-2.

Ada pula Ellyes Skhiri, pemain asal Tunisia yang mengenakan topeng serupa pada laga kontra Denmark dan Australia dalam pertandingan Grup D. Gelandang FC Koln itu tengah merawat tulang pipinya yang patah usai cedera pada akhir Oktober lalu. (waf)

Baca juga:

Mbappe Bawa Perancis ke-16 Besar

#Piala Dunia #Sepak Bola #Piala Dunia 2022 Qatar #Piala Dunia 2022
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan