Al-Qur'an Braille yang Ramah untuk Teman-teman dengan Hambatan Penglihatan Wardah ingin memberikan sesuatu yang baru di ramadan 2023. (Foto: merahputih.com/Kamila Putri)

SETIAP orang berkesempatan menjalankan hal baik selama ramadan seperti membaca Al-Qur'an. Begitu pula bagi teman-teman yang memiliki hambatan penglihatan. Kini, terdapat Al-Qur'an Braille yang ramah untuk teman dengan hambatan penglihatan yang ingin membacanya.

Oleh karena itu, Wardah mengadakan kampanye bertajuk 'Bersama Lebih Bermakna' berupa kerja sama dengan Komunitas Belajar Al Quran Braille dan Dewan Masjid Indonesia untuk membantu teman-teman dengan hambatan penglihatan lebih mengenal Al-Qur'an Braille.

Baca Juga:

Intip Empat Tren Wardah Make Up Ramadan Look 2022

"Wardah ingin memberikan sesuatu yang baru. Ramadan itu spesial dan semua orang ingin jadi lebih baik. Dengan spirit kebermanfaatan, harapannya kami bisa memberikan manfaat yang lebih besar. Ketika bersama banyak manfaat dan tantangan terasa lebih ringan," tutur Halal Beauty Decorative dan Marketing Group Head dari PT Paragon Technology & Innovation Findi Novia, dalam jumpa pers di Senayan, Jakarta, Senin (20/3).

Dalam kampanye ini, Wardah memiliki tujuan utama untuk melestarikan masjid-masjid di Indonesia. Jadi, masjid bukan hanya sekadar untuk ritual ibadah saja, melainkan juga sebagai tempat pembelajaran dengan mengadakan pembelajaran Al-Qur'an Braille sebagai salah satu programnya.

Wardah merangkul teman-teman dengan Hambatan penglihatan. (Foto: merahputih.com/Kamila Putri)

"Kita ingin membuat masjid lebih hidup lagi dan kita juga ingin tingkatkan literasi Al-Qur'an bagi teman-teman dengan hambatan penglihatan," lanjutnya.

Di kesempatan sama, Novan Pramudya selaku perwakilan pengajar dari Komunitas Belajar Al Quran Braille mengaku melakukan pendekatan khusus kepada teman-teman dengan hambatan penglihatan untuk mengajak mereka belajar Al-Qur'an bersama.

"Kalau misal ketemu sama mereka kadang kan rasanya pengen langsung bantu, tapi seharusnya tanyakan dulu, mau dibantu gak? Kalau sudah mau dibantu, ya perkenalan diri dulu. Mereka pengen tahu siapa sih yang ada di sekitar mereka," terang Novan.

Baca Juga:

4 Tips Make-Up Tetap On Point Walau Pakai Masker ala Y.O.U

Meski sudah mau, tetapi masih ada tantangan yang harus dihadapi, yakni profesi mereka yang tak menentu jam kerjanya.

"Kebanyakan mereka berprofesi sebagai pemijat yang artinya pemasukannya tidak tetap. Jadi mereka harus mengikuti jadwal customer. Ini jadi tantangan, kapan harus memijat, kapan harus baca Al-Qur'an. Maka dari itu, kita kerja sama dan Wardah mengatasi itu dari segi ekonomi. Jadi mereka bisa fokus belajar baca Al-Qur'an, gak perlu lagi memikirkan pemasukan."

Perlu ada pendekatan khusus untuk mengajak teman-teman dengan hambatan penglihatan mengenal Al-Qur'an. (Foto: merahputih.com/Kamila Putri)

Tantangan lainnya adalah aksesibilitas untuk bisa ke masjid belajar membaca Al-Qur'an. Dikarenakan keterbatasan penglihatan, para pengajar harus menjemput teman-teman dengan hambatan penglihatan satu-satu di rumahnya dan tempat kerjanya.

"Selain dari waktu profesinya, mereka juga harus dijemput dari panti pijat mereka masing-masing. Saya jemput dr rumah ke rumah, dari panti ke panti. Mereka harus percaya sama orang yang mengajari di sekitar mereka."

Findi dan rekan lainnya yang hadir percaya bahwa dengan merangkul teman-teman dengan hambatan penglihatan dapat membuat Ramadan kali ini lebih bermakna karena kita dapat saling belajar kepada satu sama lain. (kmp)

Baca Juga:

Sebelum Berkreasi di Wajah, Kenali Bentuk Muka Kamu

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Snapchat Rilis Program Bagi Hasil dengan Kreator
Hiburan & Gaya Hidup
Snapchat Rilis Program Bagi Hasil dengan Kreator

Snapchat permudah kreator konten cari nafkah.

Retas Data Menkominfo hingga Kasus Munir, Siapa sih Bjorka?
Hiburan & Gaya Hidup
Retas Data Menkominfo hingga Kasus Munir, Siapa sih Bjorka?

Lokasi yang tertera di akun itu ialah Warsawa, Polandia.

Busana Para Bumil di Golden Globes 2023
Fashion
Busana Para Bumil di Golden Globes 2023

Para bumil tampil elegan dan memukau di atas karpet abu-abu di Beverly Hilton, tempat Golden Globes digelar.

Lambretta Bermitra dengan Institut Desain Eropa
Fun
Lambretta Bermitra dengan Institut Desain Eropa

Lambretta membutuhkan ide dan inovasi segar dari desainer muda.

Atlet Spanyol Ini Keluar Gua Setelah 500 Hari Isolasi Diri
Fun
Atlet Spanyol Ini Keluar Gua Setelah 500 Hari Isolasi Diri

ia sama sekali tidak ada kontak dengan manusia lainnya selama 16 bulanan.

 Protagonis Perempuan Beraksi di 'Grand Theft Auto VI'
Fun
Ngajak Main Lagi, 'Squid Game' Season 2 Segera Hadir
ShowBiz
Ngajak Main Lagi, 'Squid Game' Season 2 Segera Hadir

Beberapa wajah lama akan kembali.

Barasuara Visualkan Lagu 'Merayakan Fana'
Fun
Barasuara Visualkan Lagu 'Merayakan Fana'

Barasuara rilis video musik terbaru.

Sama Selaik Manusia, Kucing Juga Bisa Kentut
Fun
Sama Selaik Manusia, Kucing Juga Bisa Kentut

Kucing mengeluarkan gas atau berkentut sangat bervariasi tetapi normalnya satu atau dua kali

Pentingnya Warna untuk Stimulasi Multisensori Anak
Fun
Pentingnya Warna untuk Stimulasi Multisensori Anak

Warna baik untuk stimulasi indera anak.