Al-Khaththath Rencanakan Makar di Kalibata dan Menteng Long march Demo 313 di Jakarta, Jumat (31/3). (MP/Dery Ridwansah)

Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al-Khaththath diduga merencanakan aksi permufakatan makar untuk menggulingkan pemerintahan yang sah di dua tempat berbeda. Lokasi itu juga untuk membagi peran yang akan dilakukan masing-masing tersangka.

"Pertama di Kalibata, tersangka tiga, inisial MAK, IR dan di Menteng tersangka dua untuk pertemuan. Dari kedua lokasi itu, tujuan utamanya untuk mengulingkan pemerintah yang sah," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Senin (3/4).

Argo enggan menyebut lebih rinci lokasi keduanya, yang pasti, dua tempat itu juga disediakan untuk pemberian dana. Dana itu telah diketahui digunakan untuk melakukan kegiatan demo 313. Dana itu juga digunakan untuk menyewa bus dan membeli keperluan logistik.

Selain untuk rapat dan eksekusi dana, dua lokasi itu juga digunakan untuk membahas skenario pergerakan massa dari Istana Negara untuk menggeruduk Gedung DPR/MPR.

"Masuk ke gedung DPR/MPR ada beberapa jalan yang dilewati. Ada juga caranya untuk menabrakkan kendaraan truk di pagar belakang DPR," kata Argo.

"Ada juga tujuh pintu dari hasil rapat itu, gorong-gorong, jalan setapak. Jadi dengan asumsi bahwa kalau semua massa sudah masuk ke gedung DPR, akan kesulitan didorong keluar. Ini juga ada pemufakatan dan niat," sambung Argo.

Sebelumnya, Al-Khaththath bersama Zainudin Arsyad, Irwansayah, dan Dikho Nugraha ditangkap Polda Metro Jaya pagi hari jelang aksi demo 313. Mereka disangkakan melakukan permufakatan makar sesuai pasal 110 KUHP. Usai ditangkap, seluruhnya diperiksa di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. (Ayp)

Baca berita terkait tentang makar di balik aksi demo 313 di sini: Dana Rp3 Miliar Disiapkan Dongkel Pemerintah pada Demo 313



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH