Al-Fatihah yang Sulit Terucap Sebelum Sutopo Berpulang Karangan bunga dan pelayat mulai memadati rumah duka Sutopo Kepala Pusdatinmas BNPB di Kampung Surodadi RT 07 /RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Mingg

MerahPutih.com - Ayah Sutopo Purwo Nugroho, Suharsono (75) ternyata mendapatkan firasat sebelum kepergian putra sulungnya itu karena sakit kanker paru stadium empat saat sedang menjalani pengobatan di Guangzhou, China.

Hal itu dikisahkan adik ipar Sutopo, Ahmad Jatmiko (50) saat ditemui di rumah duka di Kampung Surodadi RT 07 /RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7).

"Firasat itu bermula saat ayah Sutopo yang biasa rajin salat tahajud untuk mendoakan anaknya (Sutopo) agar sembuh dari penyakit kanker. Ada yang beda dengan salat tahajud Minggu dini hari tadi," ujar Jatmiko kepada Merahputih.com.

BACA JUGA: Jokowi Begitu Terkenang Ucapan Sutopo

Saat sedang salat Tahajud pada Minggu (7/7) sekitar pukul 01.30 WIB, kata dia, ayah Sutopo sulit konsentrasi. Bahkan, saat membaca ayat Al-Fatihah pun lupa membacanya. Seperti ada yang mengganjal.

Apa yang dialami ayah Sutopo itu langsung diceritakan pada anak bungsunya, Rini Satiti Wulandari yang tak lain adalah adik Sutopo. Saat ayah Sutopo bercerita soal firasat itu, ia menangis.

Seorang WNI menunjukan foto Kepala Pusat Dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho ketika dirawat di Modern Hospital Guangzhou Guangzhou, Guangdong, China, Minggu (7/7) (ANTARA FOTO/ZABUR_KARURU)

"Setelah itu tepatnya pukul 02.15 WIB mendapatkan kabar kalau Sutopo meninggal dunia di China," kata dia.

Keluarga akan memakamkan jenazah Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu di TPU Sonoloyu, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7) pukul 09.30 WIB.

BACA JUGA: Cerita Parno, Penggali Tempat Peristirahatan Terakhir Sutopo Purwo Nugroho

Rumah duka di Kampung Surodadi RT 07 /RW 09, Kelurahan Siswodipuran, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7) (MP/Ismail)

"Sutopo berencana pulang dari pengobatan Guangzhou, China tanggal 15 Juli. Ya ternyata takdir berkata lain Sutopo meninggal dunia," kata dia.

Sutopo Purwo Nugroho wafat di Rumah Sakit St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, China, Minggu (7/7) saat sedang menjalani perawatan sakit kanker paru stadium empat selama hampir sebulan. (Ism)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH