Parenting
Akun Jagoan Parenting di Instagram Bantu Ibu Belajar Merawat Anak Beberapa akun Instagram jadi andalan belajar ilmu parenting. (foto: Unsplash/markus winkler)

PERKEMBANGAN teknologi yang pesat menghasilkan para ibu kritis yang membesarkan anak cerdas. Mereka tidak pernah berhenti belajar menjadi ibu. Mulai dari mencari ilmu yang berbayar hingga yang gratisan. Mulai dari ikut kelas webinar hingga kepoin deretan akun Instagram yang berkaitan dengan cara membesarkan anak.

Jika kamu ialah ibu muda yang tidak ingin salah langkah dalam membesarkan anak berikut deretan akun jagoan parenting yang perlu kamu kepoin.

BACA JUGA:

Perjuangan Ibu Tunggal, Sang Jagoan Sepanjang Masa

1. Belajar proses kelahiran normal di @bidankita

bidankita
Belajar proses kelahiran normal dari bidan tepercaya. (foto: instagram @bidankita)

Ingin melahirkan secara normal? Ada sejumlah hal yang perlu kamu persiapkan dan lakukan agar keinginanmu tidak hanya menjadi impian belaka. Mulai dari yoga untuk optimalisasi posisi janin, latihan pernapasan hingga pijat perineum. Akun @bidankita yang dikelola oleh bidan Yesie Aprilia S.SI.T MKes, E-RYT, RPYT ialah satu yang memberi kamu banyak informasi mengenai persiapan kelahiran normal.

Di akun tersebut, kita bisa belajar mempersiapkan persalinan minim trauma. Ada berbagai tips seputar hypnobirth, faktor yang memperlancar proses kelahiran, hingga cara merawat bayi baru lahir (newborn) yang baik dan benar. Kamu juga bisa dapat kelas yoga secara gratis loh karena bidan Yesie enggak pelit membagikan tutorial yoga hamil untuk optimalisasi posisi janin.

2. Memahami gizi terbail untuk anak lewat @drtanshotyen

dr tan shot yen
Mengedukasi ibu tentang gizi terbaik untuk anak. (foto: Instagram @drtanshotyen)

Dua tahun pertama kehidupan si kecil adalah periode emas. Di fase ini, pertumbuhan si kecil begitu pesat. Nutrisi tepat merupakan pendukung terbaik untuk tumbuh kembang anak. Untuk itu, para ibu perlu memperhatikan pemberian MPASI (menu pendamping ASI) yang benar. Namun, masih banyak ibu yang terjebak dengan menu MPASI kekinian yang beredar di media sosial.

Para ibu muda ini kerap memberikan bahan pangan asing seperti keju, unsalted butter, hingga minyak rafinasi. Melalui akunnya, ahli gizi, Dr Tan Shot Yen MHum membagikan apa saja sih nutrisi yang benar-benar dibutuhkan si kecil dalam proses tumbuh kembang.

Di akunnya, ia berbagi resep makanan lokal anti-GTM (gerakan tutup mulut) dan selalu mengedukasi para ibu dalam penyajian MPASI yang tepat. Ia juga tidak hentinya menggaungkan pentingnya ASI dan mengajak ibu untuk menyusui bayi hingga dua tahun. Ia kerap kali membagikan jurnal ilmiah dari UNICEF. Dokter Tan juga kerap mengajak ibu berpikir kritis supaya bisa menemukan solusi dalam menghadapi GTM si kecil.

3. Akun @mizaafrizal untuk tumbuh kembang optimal

dr miza
Curi ilmu tumbuh kembang anak dari akun IG dr Miza.(foto: instagram @mizaafrizal)

Semua orangtua tentu mendambakan anak mereka tumbuh tepat dan optimal. Jika ingin hal itu terwujud, kamu bisa mencuri ilmunya secara langsung dari dokter anak dr. Miza Dito Afrizal SpA. Lewat akunnya, dokter yang praktik di RSIA Tumbuh Kembang ini membagikan sejumlah informasi seputar tumbuh kembang anak mulai dari vaksinasi anak, pemberian MPASI, pemenuhan gizi anak, hingga isu stunting.

Untuk informasi yang lebih mendalam, kamu bisa mengikuti webinar yang diselenggarakan Klinik Kecil, tempat ia menjadi pembicara. Miza juga kerap kali membuka sesi Q&A yang dibalasnya dengan cara jenaka.

BACA JUGA:

Ibu Jagoan Penyintas Postpartum Depression Inisiator Crystal Clear Moms

4. Sukses meng-ASI-hi bersama @mamylk.id

mamyilk.id
Cari ilmu untuk sukses menyusui. (foto: Instagram @mamylk.id)

Dua tahun merupakan waktu yang ideal bagi ibu menyusui anak. Namun, dalam perjalanannya, menyusui tidak selalu mudah. Ada berbagai tantangan yang dihadapi. Mulai dari ketakutan ibu berupa tidak cukup ASI hingga pumping ASI bagi ibu yang bekerja.

Nah, konselor laktasi dan founder ASI booster Mamylk, Istiyanie, coba membagikan dunia seputar mengASIhi lewat akun @mamylk.id. Ia kerap membagikan deretan informasi seputar menyusui mulai dari proses pembentukan ASI saat ibu mengandung empat bulan, kolostrum yang muncul di awal ibu menyusui, proses perlekatan yang benar hingga tips memilih corong pipa pumping supaya proses pumping ASI berjalan lancar. Ia membagikan ilmu lewat infografis yang mudah dipahami.

5. Akun @anisyacahya untuk yang mau belajar berbagai hal seputar kebutuhan bayi

anisya cahya
Sharing tentang kebutuhan bayi dari newborn. (foto: Instagram @anisyacahya)

Di awal kehidupan, yang dibutuhkan bayi newborn ialah tidur yang panjang dan ASI yang cukup. Tapi ternyata, untuk memenuhi kedua hal tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan loh. Bayi yang baru beradaptasi dengan kehidupan yang sama sekali berbeda dengan kehidupan dalak rahim butuh dibimbing oleh

ibunya. Ia butuh dibimbing dalam menyusu dan harus didekap agar tidur dengan baik. Semua pengetahuan dasar seputar proses perlekatan dan menggendong bayi yang tepat bisa kamu dapatkan di akun milik doula dan konselor laktasi, Anisya Cahya. Lewat akunnya, kamu bisa tahu apakah proses perlekatanmu sudah optimal, apakah bayi sudah cukup menyusu, hingga apa saja faktor yang bisa memperbanyak ASI-mu.

Anisya yang juga seorang Babywearing Consultant juga kerap membagikan tips cara menggendong bagi yang benar dengan metode M-Shape. M-Shape adalah posisi menggendong menyerupai lekukan huruf M. Posisi gendong ini mengikuti posisi alami bayi. Masih banyak lagi berbagai tips merawat bayi yang bisa kamu dapatkan di sana. Ia juga kerap membuka sesi Q&A dengan para ibu muda pengikutnya.

6. Akun @vijiclinic untuk stimulasi motorik

Viji CLinic
Cari tahu cara stimulasi motorik anak. (foto: Instagram @vijiclinic)

Selain perkembangan kognitif, perkembangan motorik anak juga tidak kalah penting loh, moms, di usia emas. Kita bisa menyerap ilmu sebanyak-banyaknya informasi seputar tumbuh kembang anak di akun @vijiclinic.

Vijiclinic merupakan klinik yang fokus pada tumbuh kembang anak. Di akunnya, Vijiclinic kerap membagikan kegiatan konvensional yang dapat menstimulasi si kecil mulai dari ngerangkak di lantai hingga nyeker. Oh ya, beberapa aktivitas yang dibagikan Vijiclinic rupanya juga menstimulasi nafsu makan si kecil loh, moms.(Avia)

BACA JUGA:

Emak Jagoan Berprofesi Doula, Ajarkan Ayah Dampingi Ibu Saat Melahirkan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Bayaran Fantastis Tujuh Personel BTS untuk Iklankan Produk
ShowBiz
Bayaran Fantastis Tujuh Personel BTS untuk Iklankan Produk

Selalu bisa bikin produk ludes dalam hitungan hari bahkan jam.

5 Tren Perhiasan yang Layak Diinvestasikan di 2021
Fashion
5 Tren Perhiasan yang Layak Diinvestasikan di 2021

Ada nilai tambah dalam investasi perhiasan.

Deretan Idola Kpop Sebar Kebaikan Lewat Benda Mungil ini
ShowBiz
Wajib Tahu Hal Ini Sebelum Konsumsi Suplemen
Fun
Wajib Tahu Hal Ini Sebelum Konsumsi Suplemen

Perlu dipastikan kamu mengonsumsi suplemen dengan cara yang tepat.

Pentingnya Nutrisi Tambahan untuk Anak
Fun
Pentingnya Nutrisi Tambahan untuk Anak

Nurisi tambahan mampu pula menyehatkan sistem pencernaan.

Ketat, Perjalanan Bisnis ke Singapura Harus Penuhi Persyaratan Ini
Fun
Ketat, Perjalanan Bisnis ke Singapura Harus Penuhi Persyaratan Ini

Singapura membuka perbatasan secara bertahap untuk perjalanan bisnis warganya.

Pentingnya DNOC untuk Memperkuat Kendala Jaringan
Fun
Pentingnya DNOC untuk Memperkuat Kendala Jaringan

Tidak akan ada gangguan jaringan selama 24 jam berkat kehadiran DNOC.

Ini nih, Aturan Minum Jus Buah untuk Menurunkan Berat Badan
Hiburan & Gaya Hidup
Pakar: Corat-coret Bermanfaat untuk Kesehatan Mental
Fun
Pakar: Corat-coret Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Corat-coret merupakan bentuk lamunan proaktif yang dilakukan tanpa sengaja.

Toko Perhiasan Pandora hanya akan Menjual Berlian Buatan Lab
Fun
Toko Perhiasan Pandora hanya akan Menjual Berlian Buatan Lab

Alasan Pandora mengambil keputusan tersebut karena ....