Akui Baru Pertama Kali Hadiri GIIAS, Ini Mobil yang Dijajal Jokowi Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-26 tahun 2018. (MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Ada yang menarik saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-26 tahun 2018 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Tangerang, Banten. Kepala Negara yang untuk pertama kalinya hadir dalam ajang otomotif skala internasional itu langsung menjajal kendaraan khusus pengangkut barang bernama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDES) .

“Pagi hari ini senang sekali saya bisa hadir pada acara Gaikindo Auto Show yang setiap tahun diadakan, dan saya harus 'ngomong' apa adanya baru pertama kali saya hadir di Gaikindo Auto Show ini," kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis (2/8).

jokowi buka
Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-26 tahun 2018. (MP/Rizki Fitrianto)

Dalam kesempatan itu, dilansir Antara, Jokowi bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terlihat menjajal AMMDES. Presiden mengungkapkan di antara semua sektor perindustrian, sektor otomotif adalah sektor yang paling internasional karena punya rantai produksi global, merek global, serta skala produksi yang juga mengglobal.

Jokowi pun meminta agar industri otomotif harus rajin keluar dari zona nyaman dan harus terus dinamis serta menerapkan inovasi yang diperlukan.

"Saya juga menyambut baik inovasi AMMDES yang akan diluncurkan, ini satu kendaraan yang berkaitan dengan industri hulu yang sangat banyak, ada 70 komponen industri dalam negeri siap jadi pemasok AMMDES ini," imbuh Presiden.

Jokowi Amdes
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal mobil AMMDES saat membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) ke-26 tahun 2018. (MP/Rizki Fitrianto)

Menurut Presiden, industri otomotif nasional pada 2017 sudah mencapai produks 231 ribu unit CBU (Completely Built Up atau mobil utuh) dan 81, juta komponen otomotif, sehingga industri otomotif menduduki peringkat nomor 4 dari 25 sektor non migas terbesar dengan nilai Rp3,45 miliar dolar AS.

Pernyataan Presiden langsung direspons Airlangga. “Akhirnya Pak Presiden, pameran ini adalah pameran roda empat menyongsong revolusi industri 4.0. Pak Presiden hadir di waktu yang tepat, mari bergenggam erat demi Indonesia hebat.”

Menperin menambahkan Gaikindo sudah siap untuk industri B20. “B20 itu ada angka 2 titik kosongnya. Saya cek kepada industriawan, masyarakat industri siap bapak presiden dua periode," tandas Ketua Umum (Ketum) Golkar itu. (*)
.


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH