Akui Bansos Belum Tersalurkan, Jokowi Mohon Warga Sabar Tunggu Dikirim

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Rabu, 13 Mei 2020
Akui Bansos Belum Tersalurkan, Jokowi Mohon Warga Sabar Tunggu Dikirim
Presiden Jokowi meninjau penyaluran bansos COVID-19 di kawasan Bogor. (ANTARA/Hanni Sofia)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui saat ini bantuan sosial COVID-19 belum semuanya tersalurkan kepada keluarga penerima manfaat. Namun, dia meminta warga untuk sabar menunggu aparat pemerintah menyampaikan bansos kepada mereka.

"Mohon masyarakat masih menunggu, menanyakan kepada aparat desa, baik RT/RW maupun aparat desa," kata Jokowi pada Rabu (13/5), saat meninjau penyaluran bantuan sosial di Kantor Pos Kota Bogor yang berada tidak jauh dari Istana Kepresidenan Bogor.

Baca Juga:

Geram Pendataan Bansos Semrawut, Ketua MPR Tegur Pemerintah

Jokowi menambahkan Kota Bogor penyaluran bantuan sosial tahap pertama sudah hampir 100 persen selesai dan akan dituntaskan Rabu ini. "Memang belum tahap pertama belum 100 persen selesai, di sini (Bogor) hari terakhir sudah selesai," ungkap dia.

Namun, Presiden lagi-lagi mengakui di daerah lain bantuan sosial belum seluruhnya disalurkan. "Tempat-tempat lain yang saya cek misalnya BLT desa baru yang diterima masyarakat kurang lebih 10 persen," tegas dia.

Menteri sosial (baju merah) menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak COVID-19 di Jakarta, Sabtu (2/5/2020). ANTARA/HO-Kemensos/pri.
Ilustrasi - Menteri sosial (baju merah) menyerahkan bantuan sembako kepada warga terdampak COVID-19 di Jakarta, Sabtu (2/5/2020). ANTARA/HO-Kemensos/pri.

Baca Juga:

Polisi Tangkap Pelaku Pemotong Bansos Corona untuk Sejumlah Sopir Mikrolet

Pemerintah memberikan beberapa jenis bantuan sosial kepada warga selama masa pandemi COVID-19, termasuk di antaranya bantuan sosial tunai, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Dana Desa.

"Ada PKH, kemudian kartu sembako, kemudian ada bantuan sosial tunai, kemudian ada BNPT, ada BLT desa, banyak sekali sehingga kita harap bisa menjangkau kurang lebih 55 persen dari penduduk kita," beber Kepala Negara.

Dikutip Antara, Presiden meninjau penyaluran bantuan sosial di Kantor Pos Kota Bogor didampingi antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sosial Juliari Batubara, dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga mengapresiasi kerja sama pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam penyaluran bansos COVID-19. (*)

Baca Juga:

Mahasiswa Harusnya Kawal Penyaluran Bansos, Tidak Termakan Gorengan Murahan Omibus Law

#Jokowi #COVID-19
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan