Relasi
Aku Tak Mau Lagi Bergaul dengan Teman Bertopeng Aku tak mau bergaul dengan teman bertopeng. (Foto: Unsplash/Ahmed Zayan)

MIMI menutup wajahnya sambil menangis ketika hampir semua murid di kelas membuat kegaduhan. Karena ulah teman bertopeng Mimi, semua murid di kelas menjauhinya. Mimi hanya dapat diam di kursinya sambil menutupi wajahnya dengan menidurkan kepalanya di meja.

Ini bukan pertama kalinya Mimi mendapatkan masalah dalam berteman karena teman bertopengnya, sebut saja Elin. Sejak duduk di kelas 2 SD, mereka sudah menjalin hubungan pertemanan. Karena sering bersama, Mimi dan Elin terkadang dianggap sebagai anak kembar. Awalnya baik-baik saja, namun berujung memberikan bekas luka yang sampai sekarang masih Mimi alami.

Baca Juga:

Pemuda, 'Healing' Tak Harus 'Travelling'

Elin selalu meminta kepada Mimi untuk mengenalkannya dengan teman-teman kelasnya yang tengah populer saat itu. Entah apa yang diinginkannya, ia merasa senang jika dapat berteman dengan orang populer di sekolah Mimi. Selain, itu Mimi juga selalu diprovokasi untuk tidak berteman dengan orang yang Elin benci.

Mengirim pesan kebencian melalui surat, mengajak bertemu dan beradu mulut kepada orang yang ia benci, itulah yang Elin lakukan dan ia mengajak Mimi untuk ikut serta dengannya. Mimi yang percaya dengan perkataan Elin pun mendukung dirinya melakukan hal itu dan malah membantunya juga.

Suatu saat, Elin berkata pada Mimi kalau ada 'S' dan 'N' yang tidak menyukainya di gereja. Mimi terlihat bingung dengan pernyataan itu. Sebab, Mimi belum pernah dekat sama sekali dengan kedua orang itu. Mimi hanya dapat membalas Elin dengan mengerutkan dahinya.

Memberikan surat dengan kata-kata yang jahat kepada orang yang Elin benci adalah cara Elin. (Foto: Unsplash/Kate Racate)

Dan itu menjadi hal pertama yang membuat Mimi dijauhi oleh orang lain tanpa ada penjelasan mengapa ia tidak disukai oleh kedua orang itu. Elin tampaknya sangat senang memasang topengnya. Di belakang menikmati waktu bersama, ia juga menjelek-jelekan dan memprovokasi orang lain untuk tidak berteman dengan Mimi.

Dari skala kecil hingga skala besar yang telah ia rusak, Elin tak merasa bersalah sedikit pun. Ia bahkan merusak hubungan persahabatan Mimi pada saat kelas 6. Mimi bertekad menjauhi Elin karena ia sadar atas semua yang terjadi. Mimi mulai memiliki trust issue dalam memulai hubungan pertemanan baru.

Mimi tak ingin kejadian yang membuat dirinya harus menjahit lukanya itu kembali terjadi. Setiap melihat orang baru atau berkenalan dengan orang baru, Mimi lebih sering diam dan tak terbuka dengan yang lain. Ia lebih sering memperhatikan orang itu terlebih dahulu untuk menilainya.

Masa SD yang telah dirusak oleh Elin, membuat Mimi sangat sulit mencari teman baru ketika menjalani masa-masa SMP. Saat diberikan sesi perkenalan diri dengan orang lain, Mimi sangat tidak berani dan deg-degan jika harus berkenalan dengan orang baru.

Baca Juga:

Lika-Liku Pemuda Tangguh Pekerja Lepas

"Hai, nama kamu siapa?," tanya seorang murid yang bertanya kepada Mimi. Namun, Mimi hanya menjawab namanya dengan singkat, pelan, serta gugup. Rasanya Mimi ingin cepat-cepat kabur dari tempat itu. Mimi juga tak melanjutkan percakapannya dengan orang itu.

Dimanfaatkan, diprovokasi, hingga dijelek-jelekan di belakangnya memang membuat dirinya takut untuk memulai pertemanan baru. Namun, kehidupan terus berjalan, Mimi tak bisa menuruti rasa takutnya itu terus menerus. Mimi harus berdamai dengan masa lalunya untuk dapat berteman dengan yang lain. Perlahan demi perlahan, dirinya mulai memiliki teman walau tidak sebanyak dulu.

Mimi hanya memiliki beberapa teman saja. (Foto: Unsplash/Simon Maage)

Mimi memulainya dengan membuka pembicaraan kecil dengan teman sebangkunya, basa-basi tentang pelajaran sekolah, membicarakan makanan, dan hal-hal yang tak penting kecuali tentang dirinya. Usaha kecilnya itu berhasil memberikan teman baru untuk Mimi.

Memiliki tiga sampai lima orang teman saja sudah dianggap cukup olehnya, tetapi ia masih memilih siapa yang dapat dipercaya. Ia selalu menilai orang terlebih dahulu sebelum berteman dengan mereka. Tapi dengan caranya seperti itu, dia dapat terhindar dari teman fake seperti Elin.

Orang-orang bahkan berpikir bahwa Mimi merupakan orang yang pemalu. Tapi mereka mengaku kalau Mimi malah lebih memalukan setelah mengenalnya. Mimi sangat senang dengan pengakuan teman-temannya itu. Sebuah luka memang membutuhkan waktu untuk dapat sembuh atau mengering, luka yang diukir oleh Elin malah menjadi pelajaran untuk Mimi.

Mimi belajar bahwa tidak semua orang yang baik di hadapannya bisa jadi seorang teman dapat dipercaya. Cara Mimi untuk berteman dengan orang baru justru dapat ditiru dengan menilai dan memperhatikan baik-baik apakah orang itu layak dijadikan teman yang dapat dipercaya atau malah sebaliknya. Mimi berhasil menjadi jagoan, dengan memiliki teman baru yang benar-benar tulus menjalin hubungan dengannya. (mic)

Baca Juga:

Usaha Buket Uang Pemudi Negeri Aing Laris Manis Selama Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Espresso Martini, Mengenal Pengaruh Campuran Kafein dan Alkohol
Fun
Espresso Martini, Mengenal Pengaruh Campuran Kafein dan Alkohol

Seperti apa pengaruh campuran kafein dan alkohol pada tubuh.

4 Zodiak yang Juara dalam Menyembunyikan Perasaan
Fun
4 Zodiak yang Juara dalam Menyembunyikan Perasaan

Mereka lebih suka menyembunyikan perasaan baik itu perasaan cinta atau kemarahan.

Pesinetron dan Host Beradu di HUT 32 RCTI
ShowBiz
Pesinetron dan Host Beradu di HUT 32 RCTI

Ultah RCTI dimeriahkan oleh selebritas-selebritas terkenal.

New Kia Soul 2023 Tarik Perhatian Anak Muda
Hiburan & Gaya Hidup
New Kia Soul 2023 Tarik Perhatian Anak Muda

New Kia Soul 2023 menarik perhatian generasi muda. Sebab, mobil ini hadir dengan tampilan yang lebih menarik.

Pakar Ungkap Manfaat Sarapan di Waktu Ideal
Hiburan & Gaya Hidup
Pakar Ungkap Manfaat Sarapan di Waktu Ideal

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia, dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK menjelaskan tentang waktu sarapan yang ideal

LeBron Menjadi Pendatang di Fornite 14 Juli ini
Fun
LeBron Menjadi Pendatang di Fornite 14 Juli ini

LeBron James jadi bagian dari Fortnite.

Bikin Ngiler, Hidangan Penutup Terbaik di Dunia ini Wajib Dicoba
Fun
Bikin Ngiler, Hidangan Penutup Terbaik di Dunia ini Wajib Dicoba

Hidangan penutup terbaik dunia wajib kamu coba.

Logo Wonderful Indonesia Unjuk Gigi di Bodi Motor MotoGP
Hiburan & Gaya Hidup
Logo Wonderful Indonesia Unjuk Gigi di Bodi Motor MotoGP

Jadi sponsor tim Gresini-Ducati Racing.

Tips Kenyang saat Sahur Biar Puasa Tetap Lancar
Fun
Tips Kenyang saat Sahur Biar Puasa Tetap Lancar

Makanan saat sahur memengaruhi aktivitasmu seharian.

Kisah Inspiratif Pro Player Rasyah Rasyid di 'Rasyah The Wonder Kid Movie'
Fun
Kisah Inspiratif Pro Player Rasyah Rasyid di 'Rasyah The Wonder Kid Movie'

Film ini menceritakan perjuangan Rasyah Rasyid untuk menjadi seorang Pro Player.