Aktris X-Men Menghilang Setelah Kasus Penggelapan Pajak Fan Bingbing (Instagram/bingbing_fan)

MASIH ingat dengan sosok Blink di film X-Men: Days of Future Past di 2014? Karakter tersebut diperankan aktris asal Tiongkok berama Fan Bingbing.

Namun, ada sesuatu yang aneh terjadi. Selama beberapa bulan terakhir, perempuan kelahiran 16 September 1981 itu tidak terlihat di publik. Ia menghilang setelah terlibat kasus penggelapan pajak.

Dikabarkan, perempuan cantik ini menghilang sejak Juni lalu. Namun, Securities Daily melaporkan sebenarnya Fan Bingbing tidak benar-benar menghilang, tapi berada dalam penanganan pihak berwajib dan akan melalui proses hukum.

Dugaan penggelapan pajak sebelumnya terkuak setelah pada Mei lalu seorang presenter ternama China Central Television (CCTV) mengunggah sebuah dokumen yang mengindikasikan Bingbing melakukan pembayaran tidak sah.

Fan Bingbing tiba-tiba menghilang (Instagram/bingbing_fan)
Fan Bingbing menghilang sejak Juni.(Instagram/bingbing_fan)

Dalam dokumen tersebut dinyatakan Bingbing menerima gaji ilegal sebesar 50 juta yuan atau setara Rp 108 miliar. Padahal dalam kontrak ditulis bahwa Bingbing hanya mendapatkan 10 juta yuan saja untuk pekerjaannya selama 4 hari itu.

Di 'Negeri Tirai Bambu', praktik curang yang dilakukan Bingbing disebut kontrak yin-yang. Kontrak tersebut berisi dua perjanjian. Pertama untuk laporan pajak, sedangkan kontrak kedua ialah yang sebenarnya.

Diduga ia telah ditangkap pihak berwajib (Instagram/bingbing_fan)
Diduga, ia telah ditangkap pihak berwajib. (Instagram/bingbing_fan)

Seperti diberitakan NME, Bingbing menjadi salah satu bintang Tiongkok dengan bayaran tertinggi. Tahun lalu, Bingbing mendapatkan bayaran sebesar 33,5 juta pound sterling atau Rp 648,8 miliar. Hal itu membuatnya duduk di urutan teratas artis Tiongkok dengan bayaran tertinggi versi Forbes.

Sayangnya, kekayaan Bingbing tidak diimbangi dengan prilaku baik. Beijing Normal University merilis bahwa Bingbing mendapat nilai nol untuk tanggung jawab sosial aktor dan aktris Tiongkok. Berbeda dengan Jackie Chan dan Zhang Ziyi yang mendapatkan nilai tertinggi.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani