Aktris Hollywood Inspiratif yang Memperjuangkan Haknya untuk Kesetaraan Gaji Equal Pay Day untuk meminta keseimbangan antara gaji perempuan dan laki-laki (foto: bustle.com)

DUA hari lalu AS merayakan Equal Pay Day 2019, hari yang dibuat oleh National Committee on Pay Equity (NCPE) tahun 1996. NCPE dibuat untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai perbedaan antara gaji laki-laki dan perempuan. Dilansir dari pay-equity.org, perempuan mendapatkan gaji yang lebih sedikit sehingga membuat mereka harus bekerja lebih banyak dan lebih lama untuk bisa memperoleh jumlah gaji yang sama dengan laki-laki. Bahkan kesenjangan gaji tersebut lebih parah untuk perempuan berkulit hitam.

Ketidakadilan ini yang akhirnya disuarakan oleh beberapa perempuan ketika Equal Pay Day. Ini dia beberapa aktris perempuan Hollywood yang sebenarnya punya segudang prestasi namun mengalami pengalaman tidak menyenangkan tentang ketidakadilan dalam hal upah atau gaji.

1. Michelle Williams

Aktris Hollywood Inspiratif yang Memperjuangkan Haknya untuk Kesetaraan Gaji
Michelle Williams tidak mendapatkan gaji yang sama seperti Mark Wahlberg dan menuntut haknya (foto: breitbart.com)


Pada Equal Payday 2019 kemarin, Michelle Williams mendatangi Capitol Hill untuk membahas kesenjangan gaji antar gender. Ia merasa mendapatkan perlakuan tidak adil ketika menyadari Mark Wahlberg mendapatkan upah yang lebih besar dibandingkan dirinya.

Dalam syuting ulang film All the Money in the World itu, Wahlberg mendapatkan $1,5 juta atau lebih dari Rp21 milliar. Sementara Williams hanya mendapatkan Rp14 juta saja. Michelle Williams mengatakan bahwa tidak ada yang peduli dengan kesenjangan ini.

Hal ini tidak mengejutkan karena selama ini, perempuan tidak punya kesetaraan gaji dengan lawan main laki-lakinya. Untungnya dalam film terakhirnya Williams, ia mendapatkan gaji yang sama dengan lawan mainnya. Semuanya berkat perjuangannya untuk mendapatkan haknya.

2. Oprah Winfrey

Aktris Hollywood Inspiratif yang Memperjuangkan Haknya untuk Kesetaraan Gaji
Oprah Winfrey menuntut agar crew The Oprah Winfrey Show mendapatkan kenaikan gaji (foto: washingtonexaminer.com)


Opraf Winfrey mengalami perjalanan panjang untuk sampai di posisinya saat ini. Dia juga pernah memerangi perilaku tidak adil tentang gaji perempuan.

Seperti yang kita ketahui, Winfrey mempunyai program talkshow sendiri yaitu The Oprah Winfrey Show. Walaupun ia mendapat gaji yang tinggi, namun kru lainnya tidak mempunyai gaji yang cukup.

Saat Oprah meminta bosnya untuk menaikkan gaji para kru perempuan acara tersebut, bosnya malah menjawab "mereka semua hanya perempuan. Buat apa uang banyak-banyak?". Hal ini membuat Oprah Winfrey marah dan tidak mau bekerja sampai gaji para perempuan tersebut dinaikkan.

3. Emma Stone

Aktris Hollywood Inspiratif yang Memperjuangkan Haknya untuk Kesetaraan Gaji
Emma Stone selalu mendapatkan perlakuan baik dari lawan mainnya (foto: Instagram @emmastonepictures)


Emma Stone punya pengalaman berbeda dengan masalah perbedaan gaji ini. Dalam wawancara dengan Out Magazine, aktris yang mendapatkan Oscar ini membicarakan tentang perbedaan gaji.

Selama ini, ia mendapatkan lawan main laki-laki yang dengan sengaja menjembatani perbedaan gaji tersebut. Mereka akan memotong gaji mereka dan memberikannya pada Stone agar gajinya dengan Stone bisa seimbang.

Stone berkata bahwa itu yang dilakukan oleh lawan mainnya karena menurut mereka, hal ini adalah hal yang benar untuk dilakukan.

4. Taraji P. Henson

Aktris Hollywood Inspiratif yang Memperjuangkan Haknya untuk Kesetaraan Gaji
Taraji P. Henson merasa bahwa dia pantas untuk mendapatkan gaji yang seimbang (foto: Instagram @tarajiphenson)


Pemeran Cookie Lyon dalam serial TV Empire ini juga pernah mengalami ketidakadilan dalam masalah gaji. Henson mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa dia akan diberi gaji $500 ribu untuk perannya di film The Curious Case of Benjamin Button.

Namun dia hanya dibayar $150 ribu atau sekitar Rp2 milliar saja. Padahal di awal dia dijanjikan mendapat Rp7 miliar. Henson mengaku bahwa dia tahu tidak akan digaji sebesar Brad Pitt yang menjadi tokoh utama dalam film tersebut.

Namun jika rumah produksi film ingin memotong gaji jangan mencari dia karena Henson sudah bekerja dengan baik dan punya track record baik untuk membuktikannya.

5. Emma Watson

Aktris Hollywood Inspiratif yang Memperjuangkan Haknya untuk Kesetaraan Gaji
Emma Watson sangat mendukung kesetaraan gaji perempuan dan laki-laki (foto: Instagram @emmawatson)


Penyihir dari Hogwarts ini punya sebuah gerakan HeForShe untuk mendukung kesetaraan gender dalam semua aspek kehidupan.

Watson memberikan pidatonya di PBB mengenai inisiatif kesetaraan gender, tanggung jawab perempuan dan laki-laki, serta pentingnya gaji yang seimbang.

Menurutnya, perempuan yang mendapatkan bayaran sama dengan laki-laki adalah hal yang benar. Tujuannya agar perempuan juga dihargai sama seeperti laki-laki.

6. Ellen Pompeo

Aktris Hollywood Inspiratif yang Memperjuangkan Haknya untuk Kesetaraan Gaji
Ellen Pompeo meminta gaji yang sesuai dengan kerja kerasnya (foto: tvinsider.com)


Pemeran dokter Meredith Grey di serial TV Grey's Anatomy mengaku bahwa gajinya lebih sedikit dibandingkan Patrick Dempsey yang menjadi lawan mainnya. Tidak terima, Pompeo merasa bahwa dia harus memperjuangkan haknya.

Apalagi Pompeo merasa itu adalah TV seriesnya, dia pemeran utamanya, dan dia yang seharusnya mendapatkan gaji lebih besar. Akhirnya, Pompeo menandatangani kontrak baru dan membuatnya jadi aktris drama TV dengan pendapatan terbanyak yaitu Rp8 milliar per episode. (sam)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH