Aktor William Hurt Meninggal Dunia

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 14 Maret 2022
Aktor William Hurt Meninggal Dunia
Karakter yang diperankan Hurt. (Foto: Istimewa)

AKTOR William Hurt dikabarkan meninggal dunia di rumahnya Portland, Oregon hari Minggu (13/3) waktu setempat, kata salah satu dari tiga putranya, Will, kepada The Hollywood Reporter. Namun, ia tidak membocorkan penyebab kematiannya. Pemenang piala Oscar ini menghembuskan nafas terakhirnya di usia ke-71.

Terlatih di atas panggung, Hurt membuat debutnya di layar lebar sebagai psikopatologis terobsesi yang bereksperimen dengan deprivasi sensorik dan tangki pengapungan di Altered States (1980) yang ditulis oleh Paddy Chayefsky, disutradarai oleh Ken Russell.

Baca juga:

Hadiah Fantastis Dari Pesohor Dunia Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala

Setahun kemudian, dia mendapatkan pengakuan ketika memerankan karakter pengacara dalam film thriller noir Body Heat, yang dipimpin oleh Lawrence Kasdan dalam debut penyutradaraannya.

Selanjutnya, Hurt menonjol dalam pemeran ansambel yang luar biasa sebagai veteran Perang Vietnam yang rusak secara emosional dalam The Big Chill (1983), yang juga disutradarai oleh Kasdan.

Ia pernah bermain di beberapa film MCU. (Foto: Variety)
Ia pernah bermain di beberapa film MCU. (Foto: Variety)

Selama hidupnya, Hurt banyak menerima pujian kritis dan piala Oscar dalam perannya sebagai Luis Molina di Kiss of the Spider Woman (1985), yang disutradarai oleh Hector Babenco. Ia juga dinominasikan untuk aktor terbaik lagi di masing-masing dua tahun berikutnya di Children of a Lesser God (1986) karya Randa Haines; dan sebagai pembawa berita Tom Grunick di Broadcast News, disutradarai oleh James L. Brooks.

Ia muncul kembali dalam nominasi Oscar keempatnya sebagai aktor pendukung, untuk penampilannya sebagai bos mafia jahat dalam A History of Violence (2005) karya David Cronenberg. Ia juga muncul sebagai karakter Thaddeus "Thunderbolt" Ross dalam film Marvel The Incredible Hulk (2008), Captain America: Civil War (2016), Avengers: Infinity War (2018), Avengers: Endgame (2019) dan Black Widow (2021).

Baca juga:

Curi Perhatian, Pasangan Second Lead Drakor nan Sweet

William McChord Hurt lahir di Washington, D.C., pada 20 Maret 1950. Ayahnya, Alfred, bekerja untuk Badan Pembangunan Internasional Departemen Luar Negeri, dan bocah itu menghabiskan tahun-tahun awalnya di Guam dan Hawaii.

Setelah orangtuanya bercerai saat ia berusia sekitar 6 tahun, ibunya, Claire, membawa dia dan dua saudara laki-lakinya ke Manhattan.

Ia memiliki segudang prestasi. (Foto: Murphy's Multiverse)
Ia memiliki segudang prestasi. (Foto: Murphy's Multiverse)

Hurt berakting untuk pertama kalinya dalam sebuah drama di Middlesex School swasta di Concord, Massachusetts. Setelah belajar teologi di Universitas Tufts, ia menghabiskan satu tahun sebagai mahasiswa teater di Inggris bersama istrinya saat itu, aktris Mary Beth Hurt, sebelum diterima di Juilliard New York.

Hurt menerima penghargaan aktor terbaik di Festival Film Cannes untuk Kiss of the Spider Woman.

Sejauh ini, hanya Hurt, Paul Muni, Spencer Tracy, Gregory Peck, Marlon Brando, Richard Burton, Al Pacino, Jack Nicholson dan Russell Crowe yang telah dinominasikan untuk aktor terbaik Oscar dalam tiga tahun berturut-turut. (Yni)

Baca juga:

Elon Musk Ternyata Punya Anak Perempuan Bernama 'Y'

#Selebriti
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan