Aktor-Aktor Yang Mengorbankan Diri demi Peran Tom Hanks di film Cast away (Sumber: Loops)

PARA aktor harus melakukan apa saja demi menjiwai peran yang ia bawakan dalam suatu film. Begitu menjiwainya hingga membuat penonton berpikir yang mereka lihat di layar adalah nyata.

Beberapa aktor bahkan bersedia mengubah penampilannya demi peran. Perubahan mereka membuat mereka tampak seperti orang lain. Berbagai macam cara dilakukan untuk mengubah penampilan mulai dari menaikkan dan menurunkan berat badan, menggunakan tubuh artifisial, atau cara ekstrem lainnya. Penderitaan yang kerap dialami para aktor yang mengubah tubuh secara ekstrem adalah nyeri pada bahu dan kaki.

Berbagai penghargaan mulai dari Oscar, Emmy Award hingga Golden Globes tak pernah ada yang memberi apresiasi khusus bagi aktor yang mengorbankan dan menyakiti dirinya demi peran. Jika ada, aktor-aktor berikut layak mendapatkan penghargaan tersebut:

1. Jared Leto

Jared Leto di Film Chapter 27
Jared Leto di Film Chapter 27 (Sumber: Loops)

Aktor yang layak menempati urutan pertama adalah Jared Leto. Bagaimana tidak? Dirinya kerap bertransformasi sesuai peran yang akan dimainkan. Dirinya menurunkan berat badan di film Requim for a Dream dan Dallas Buyers Club dan dalam sekejap menambah berat badannya dalam film indie berjudul Chapter 27 pada 2007.

Memerankan tokoh Mark Champman, pria penembak John Lennon, Leto mengaku kenaikan berat badan secara drastis menyakiti tubuhnya. Perubahan berat badan dalam waktu singkat membuat tubuhnya syok. Dirinya begitu menderita hingga sulit untuk berjalan.

"Dalam script tidak disebutkan bahwa demi uang 67 poundsterling aku harus menderita selama dua bulan," ucapnya kepada LA Times. Di akhir syuting, kakinya merasa sakit dan tak bisa berjalan jauh. Dirinya bahkan harus mengenakan kursi roda dalam waktu dua bulan. Jangan lupakan juga karakternya yang begitu kuat sebagai Joker di film Suicide Squad.

2. Tom Hanks

Tom Hanks di film Cast away
Tom Hanks di film Cast away (Sumber: Loops)

Tom Hanks dikenal sebagai sosok karismatik dan manis dalam peran-peran yang dimainkannya. Namun ia pun tak menutup kemungkinan untuk peran-peran yang menantang. Ia pernah memainkan sejumlah karakter ekstrim yang mengharuskannya menurunkan berat badan seperti di film Philadelphia pada tahun 1993 dimana ia memerankan pengacara yang didiagnosis dengan AIDS. Hanks juga pernah menjadi Chuck Noland yang terdampar di suatu pulau selama empat tahun di film Cast Away. Atas usahanya tersebut ia diganjar dengan Oscar.

Pada Festival Film London 2013, ia mengatakan bahwa ia takkan lagi mengambil peran yang mengharuskannya mengubah ukuran tubuhnya dengan drastis. Menurutnya, ketika ingin menaikkan berat badan seorang aktor harus makan dalam jumlah banyak. Makanan yang dikonsumsi pun mayoritas adalah makanan tidak sehat. Mereka pun jarang berolahraga demi menimbun lemak. "Itu sungguh tidak sehat dan dapat menimbulkan penyakit komplikasi," ucapnya.

3. George Clooney

Tom Hanks di film Cast away
George Clooney di film Syriana (Sumber: Loops)

George Clooney memiliki kisah menyeramkan tentang penderitaan yang ia alami demi peran. Dirinya nyaris tewas dalam film Syriana pada tahun 2005. Dalam salah satu adegan kekerasan, tulang tengkoraknya retak dan tulang punggungnya cedera. Setelah syuting film tersebut, ia hanya terbaring di tempat tidur rumah sakit dengan infus di lengan, kepalanya sakit, dan tubuhnya tak bisa digerakkan hungga ia merasa seperti orang stroke.

Dokter menemukan cairan bocor dari tulang belakangnya. Kondisinya lebih serius dari yang dipikirkan oleh orang lain. Ia pernah mengungkapkan di Rolling Stone bahwa itu adalah cedera terburuk dalam hidupnya. Ia terus menerus menggunakan morfin untuk meredakan rasa sakit. "Aku berada di titik dimana aku berpikir aku tak bisa benar-benar hidup seperti ini," ucapnya.

Setelah pulih, ia masih harus menjalani terapi untuk beberapa saat. Untuk penderitaannya tersebut, Oscar menganugerahinya sebagai Best Supporting Actor.

4. Jackie Chan

George Clooney di film Syriana
Jackie Chan di film Armor of God II (Sumber: Travis simpkins)

Berbicara mengenai pengorbanan saat syuting, kita tak bisa melupakan sosok Jackie Chan. Sebagai seorang legenda martial art, dia tak pernah mengenakan jasa stuntman. Tak terhitung berapa kali ia mengalami cedera sepanjang karirnya seperti jari yang patah, hidung patah, tulang ekor patah, dan tulang pinggul patah. Ia juga pernah mengalami dislokasi bahu beberapa kali.

Cedera paling serius yang pernah ia alami adalah saat adegan penembakan dalam Armor of God II. "Sebenarnya itu hanya aksi sederhana. Namun saya terluka parah dan menjalani operasi pada bagian otak," terangnya seperti dilansir Parade. Hal tersebut membuatnya memiliki pelat logam di kepala.

Meski beberapa kali mengalami cedera serius, ia tak kapok untuk bermain film laga. Di usianya yang menginjak kepala enam ia merilis dua film laga seperti Bleeding Steel, The Foreigner dan Journey to China: The Mistery of Iron Mask.

5. Linda Hamilton

Linda Hamilton di film Terminator 2
Linda Hamilton di film Terminator 2 (Sumber: Loops)

Aktris Linda Hamilton harus kehilangan pendengarannya kala berperan sebagai Sarah Connor di film Terminator 2 pada tahun 1991. Dia mengambil peran tersebut dengan sangat serius. Ketika Schwarzenegegger melepas tembakan di elevator untuk menghentikan Terminator T-1000 (Robert Patrcik), Hamilton lupa memasang penutup telinga. Suara ledakan mengakibatkan Hamilton kehilangan pendengarannya secara permanen.

6. Bruce Willis

Bruce Willis di film Die Hard
(Sumber: Loops)

Kehilangan pendengaran tak hanya dialami oleh Linda Hamilton. Bruce Willis juga mengalami hal serupa. Meski kerusakan pendengaran yang ia alami hanya parsial, ia harus berjuang keras untuk mendengar suara. Putrinya, Rummer Willis mengungkapkan jika ayahnya tak terlalu aktif berbicara ketika promosi film karena kesulitan mendengar pertanyaan dari media.

Film Die Hard yang ia mainkan beberapa tahun lalu membuatnya tak bisa mendengar suara dengan jelas. Suara tembakan senjata tepat di samping telinganya membuat ia harus kehilangan pendengarannya.

Sahabat MerahPutih itulah 6 aktor yang sangat sukses mengubah penampilannya di beberapa film. Selain artikel ini Anda juga bisa baca (Avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani