Aktivitas Wisata di Kepulauan Togean yang Sayang untuk Dilewatkan Pelancong Pantai di Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah (Foto: TripAdvisor)

INDONESIA Timur dikenal memiliki alam yang indah dan eksotis. Taman Nasional Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah adalah salah satu bukti nyata. Keindahan alam bawah laut kepulauan ini telah berhasil menghipnotis para pelancong domestik dan internasional.

Kepulauan Togean dipercaya merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki empat area terumbu karang. Sebut saja area penghalang, terumbu tepi, atol, dan tompok. Berikut beberapa kegiatan seru yang sangat recommended di Kepulauan Togean bagi para pelancong.

Baca juga:

Samboja, Surganya Tempat Wisata Alam Bebas

Menyelam di Danau Mariona

Aktivitas Wisata di Kepulauan Togean yang Sayang untuk Dilewatkan Pelancong
Wajib buat kamu yang hobi diving atau snorkling. (Foto: indonesia.go)

Berlibur ke Togean, kamu dapat berenang bersama ratusan ubur-ubur jinak dan akan menjadi pengalaman tak ternilai. Untuk menikamati momen keren ini, kamu dapat menikmatinya di Danau Mariona, Pulau Karina. Bagi kamu yang hobi diving dan snorkeling, wajib hukumnya untuk mencobanya.

Sore atau pagi hari adalah waktu yang paling tepat untuk berenang bersama ubur-ubur di Danau Mariona. Ubur-ubur yang cukup sensitif terhadap paparan sinar matahari siang. Di waktu siang, jumlah ubur-ubur yang muncul ke permukaan tidak banyak jumlahnya.

Snorkeling di Pulau Taipi

Aktivitas Wisata di Kepulauan Togean yang Sayang untuk Dilewatkan Pelancong
Cocok bagi kamu yang suka keidahan bawah laut. (Foto: tripzilla)

Kalau kamu tertarik dengan keindahan alam bawah laut sambil snorkeling, jangan lupa mampir ke Pulau Taipi selama melancong di Togean. Posisi pulau Taipi ini berada kira-kira empat kilometer dari Pulau Kadidiri.

Di waktu siang hari adalah momen yang paling sempurna untuk menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Taipi. Buat kamu yang tidak suka dengan keramaian, pulau yang tergolong sepi pengunjung ini akan sangat cocok buat kamu. Keindahan alam bawah laut dan nuansa yang tenang adalah kombinasi yang sempurna.

Baca juga:

Deretan Spot Wisata di Penajam Paser Utara yang Wajib Dikunjungi

Jelajahi Pulau Malenge dan Pulau Papan

Aktivitas Wisata di Kepulauan Togean yang Sayang untuk Dilewatkan Pelancong
Jembatan kayu sepanjang 1.800 meter membelah lautan. (Foto: sportourism)

Para pelancong diwajibkan mencoba jembatan unik yang menghubungkan Pulau Malenge dan Pulau Papan. Menyebrangi jembatan ini, kamu akan disuguhi pemandangan luar biasa yang cocok diabadikan dengan kameramu. Jembatan kayu ini membelah lautan sejauh 1.800 meter.

Daerah pinggir pantai yang sangat jernih dan natural adalah hal utama yang ditawarkan Pulau Malenge. Kamu bisa bersosialisasi dengan penduduk asli suku Bajo yang diketahui sejak lama tinggal disini. Dikenal sebagai suku yang punya spesialisasi menahan nafas dalam waktu yang cukup lama disaat menyelam.

Jangan sampai lupa berpeleisran ke Pulau Papan yang indah. Daerah Puncak Batu Karang memiliki pemandangan yang tak kalah menarik. Sisi berbeda Togean yang memikat, dapat tercermin memalui keidahan Pulau ini. (Lgi)

Baca juga:

Manimbora, Pulau ala Spongebob di Kalimantan Timur



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH