Aktivitas ini Dorong Motivasi Pagi Anda Buatlah motivasi diri untuk bangun pagi. (Foto: pixabay/congerdesign)

UMUMNYA orang malas beranjak dari peraduan di pagi hari. Butuh dorongan untuk memotivasi diri bangun dan kemudian menghadapi ativitas hari itu.

Apalagi bila hari itu harus menghadapi kesibukan luar biasa. Seolah ada yang membuat badan terasa sangat berat bangkit dari kasur.

Diolah dari berbagai sumber, cobalah aktivitas ini yang dijamin mampu membuat motivasi pagi Anda meroket.

sinar matahari
Sinar matahari memperbaiki jam biologis. (Foto: pixabay/FlashBuddy)

Sinar Matahari

Bukalah lebar-lebar jendela kamar Anda. Apalagi bila kamar Anda menghadap ke timur, sambutlah sinar matahari dengan ceria. Sinar matahari pagi dipercaya bisa membantu meningkatkan mood Anda. Selain bisa menambah motivasi di pagi hari, berjemur sejenak di bawah sinar matahari pagi bisa memperbaiki Circadian system atau yang biasanya disebut dengan jam bilogis.

Sarapan Sehat

Smoothie yang mengandung antioksidan adalah salah satu minuman mudah yang bisa memberikan motivasi di pagi hari. Campuran 1 cup burries (cherries, strawberry, blueberry, dan raspberry) serta 4 ons yogurt tanpa lemak bisa memenuhi kebutuhan vitamin tubuhmu di pagi hari.

Selain itu, Anda juga bisa meminum air yang dicampur dengan perasan air lemon untuk memenuhi kebutuhan vitamin tubuh Anda. Lemon dipercaya juga bisa membantu Anda mengurangi rasa lapar sekaligus menyegarkan mulut.

Olahraga

Dengan berolahraga, Anda bisa membuat tubuh semakin siap dalam bekerja. Mengeluarkan sedikit keringat di pagi hari, diyakini bisa meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Pun Anda memiliki motivasi sehingga akan lebih semangat sepanjang hari.

Pencapaian

Untuk menumbuhkan motivasi pagi, sebaiknya setiap hari Anda harus memiliki pencapaian. Hal semacam ini dimaksudkan agar bisa memberikan motivasi lebih untuk menjalankan aktivitas nantinya.

Menyusun strategi ataupun timeline untuk sebuah pencapaian harian bisa membuat pagi hari Anda terasa lebih bersemangat lagi. Selain itu, Anda juga dapat membuat prioritas aktivitas yang didahulukan.

Membaca

Biasakanlah membaca buku-buku atau bacaan lainnya yang menginspirasi. Hal ini dapat menumbuhkan motivasi di pagi hari Anda. Dengan demikian dapat membuka pikiran Anda pada dunia luar. Anda dapat pula mengambil intisari dari apa yang sudah Anda baca tadi dan sekaligus mempraktekkannya.

olahraga
Olahraga memperbaiki konsentrasi. (Foto: nbc)

5 Kebiasaan di Pagi Hari Bangkitkan Motivasi

1. Merapikan tempat tidur

Terkesan sangat sepela saja. Sepertinya tidak ada hubungannya apalagi memberikan motivasi di pagi hari. Tapi justru kegiatan yang sering dilewatkan ini bisa memberikan dampak positif terhadap semangat dan motivasi diri.

Pada saat Anda bangun lalu merapikan tempat tidur, serasa Anda sudah menyelesaikan sebuah misi. Aktivitas semacam ini bisa memberikan dampak positif terhadap psikologi Anda.

Perasan puas serta percaya diri terhadap pekerjaan yang terselesaikan bisa memicu Anda untuk melakukan pekerjaan yang lain. Maka dari itu, dalam diri Anda pasti akan tergerak untuk melakukan lebih banyak pekerjaan sepanjang hari.

2. Buatlah rencana harian

Kebiasaan ini akan menambah motivasi diri dalam beraktivitas. Mengapa? Pada saat Anda membuat perencanaan di pagi hari, maka Anda akan tahu tugas yang harus diselesaikan pada hari itu. Sekaligus menghilangkan kesan pekerjaan yang menumpuk. Selain itu Anda juga bisa memilih strategi yang tepat untuk menyelesaikannya.

3. Melakukan olahraga

Supaya bisa memperoleh kehidupan yang positif dalam segala aspek, rutin berolahraga sangatlah dianjurkan. Salah satu survey yang dilakukan pada tahun 2015 menunjukkan jika ternyata kesehatan merupakan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi motivasi diri para pekerja. Sayangnya banyak yang kemudian berdalih kesibukan melupakan waktu istirahat dan kebugaran tubuh. Bergeraknya tubuh ketika berolahraga bisa membuat aliran darah ke otak menjadi semakin lancar. Kondisi seperti ini bisa membuat kemampuan berpikir dan juga fokus menjadi semakin baik.

sarapan
Sarapan harus sehat pula selain lezat. (Foto: Sainsbury's recipes)

4. Sarapan sehat

Makanan memang harus lezat ketika dikonsumsi. Sarapan bukan hanya masalah lezat tapi harus dapat memberikan pasokan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas di hari itu.

Kandungan yang ada di dalamnya berperan besar menyalakan motivasi diri. Misalnya saja ikan tuna dengan kandungan 69% vitamin B. Salah satu penelitian yang dilakukan di Jepang menyebutkan jika kekurangan vitamin B6 bisa membuat seseorang merasa depresi. Kondisi semacam ini sudah pasti akan berujung pada hilangnya motovasi diri saat bekerja.

Bayam sebagai menu sarapan juga bisa membangkitkan motivasi diri menurut hasil penelitian yang dilakukan di Harvard Medical School. Alasannya adalah tumbuhan hijau seperti halnya bayam ini memiliki fungsi meningkatkan kemampuan kognitif dan juga motorik.

5. Berilah penghargaan

Kebiasaan positif lain yang bisa memberikan dampak motovasi diri di pagi hari adalah pemberian hadiah pada diri sendiri ketika berhasil menjalankan program ini dengan baik dan berkelanjutan.

Lalu siapa yang akan memberikan hadiah tersebut? Tentu saja diri Anda sendiri. Seperti membeli semangkuk dessert ketika Anda bisa menyelesaikan pekerjaan hari ini dengan sukses. (*)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH