Aktivitas Gibran Meningkat di Pilwakot Solo, Polresta Surakarta Perketat Pengamanan Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai melakukan pengecekan kesiapan new normal di Solo Paragon Mal, Kamis (28/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Polresta Surakarta, Jawa Tengah mulai melakukan pengamanan jelang pelaksaan Pilwakot Solo 2020. Pengamanan dilakukan pada personel KPU dan pasangan cawali dan cawawali yang disahkan menjadi peserta Pilwakot Solo 2020.

Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Andy Rifai mengatakan pengamanan Pilwakot Solo tidak berbeda jauh saat Pemilu 2019 lalu. Di mana kantor Bawaslu dan KPU akan dijaga selama 24 jam. Masing-masing komisioner juga mendapatkan pengamanan khusus.

Baca Juga

Jokowi Ingatkan Pilkada Tidak Jadi Klaster Baru COVID-19

"Kami juga berikan pengamanan khusus bagi cawali dan cawawali peserta Pilwakot Solo. Khusus cawali Gibran Rakabuming Raka pengamanan sudah mulai dilakukan karena statusnya sebagai keluarga Presiden Jokowi," kata Andy, Rabu (5/8).

Dikatakannya pengamanan keluarga Presiden Jokowi masuk kategori VVIP atau ring satu dengan penanggungjawabnya adalah Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres). Namun, karena ini Pilwakot Solo terkait agenda politik Gibran yang mengamankan Polresta Surakarta.

"Kami akan koordinasi dengan Paspampres dalam setiap agenda Pilwakot Solo," katanya.

Cawali Gibran Rakabuming Raka menerima rekomendasi maju Pilwakot Solo dari DPP Gerindra, Senin (3/8). (MP/Ismail)
Cawali Gibran Rakabuming Raka menerima rekomendasi maju Pilwakot Solo dari DPP Gerindra, Senin (3/8). (MP/Ismail)

Sementara itu, untuk Pilwakot Solo mulai dari penjagaan 1.255 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan pengamanan tingkat kota, Polresta Surakarta mendapatkan dana hibah senilai Rp4 miliar dari Pemkot Solo.

Baca Juga

Penantang Gibran Sediakan 20.000 e-KTP Syarat Dukungan untuk Tutupi Kekurangan di KPU

"Kami dapat dana hibah pengamanan Pilwakot dari Pemkot Solo. Sebanyak 1.000 lebih anggota gabungan dari Polresta Surakarta dan dibackup masing-masing 1 SSK dari jajaran TNI serta Satuan Brimob Polda Jawa Tengah siap amankan Pilwakot Solo," kata tutup Andy. (Ismail/Jawa Tengah)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH