Aktivitas Gibran Jelang Dilantik Jadi Wali Kota Solo

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 24 Februari 2021
Aktivitas Gibran Jelang Dilantik Jadi Wali Kota Solo
Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Wali Kota Solo bersama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa pada Jumat (26/2) pukul 08.00 WIB.

Pelantikan dilakukan secara virtual oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Semarang. Sementara Gibran-Teguh mengambil tempat di Solo.

Baca Juga

Gibran Dilantik Akhir Pekan Depan Secara Virtual

Jelang H-1 pelantikan tersebut, Gibran mengaku tidak melakukan persiapan khusus. Ia menjalankan aktivitas seperti biasanya dengan menjadi relawan kemanusiaan dalam membantu masyarakat dalam menangani COVID-19 di Solo.

"Tidak ada persiapan khusus. Semua persiapan pelantikan sudah disiapkan Pemkot Solo," kata Gibran, Rabu (24/2).

Suami Selvi Ananda ini menegaskan terkait baju pelantikan juga sudah disiapkan bagian umum Pemkot Solo. Sebelumnya juga sudah dilakukan ukur baju seragam pelantikan dan baju kerja.

"Semuanya sudah siap. Sambil menunggu pelantikan tetap menjadi relawan kemanusiaan dalam membantu masyarakat dalam menangani COVID-19 di Solo," katanya.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. (MP/Ismail)
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa. (MP/Ismail)

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemkot Solo, Wahyu Kristina mengemukakan, ada perubahan teknis pelantikan dan serah terima jabatan (sertijab) Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih Gibran-Teguh. Rencana awal pelantikan dilakukan secara virtual di Tawangarum Kompleks Balaikota Solo.

"Lokasi pelantikan kita geser ke Gedung DPRD Solo. Setelah selesai dilantik langsung dilanjutkan sertijab," kata Wahyu.

Ia menjelaskan awalnya rencana acara sertijab dilakukan pada Senin (1/3) dalam mekanisme rapat paripurna. Kemudian ada perubahan acara, antara pelantikan dan sertijab dilakukan bersamaan dalam waktu sehari.

"Pertimbangan perubahan lokasi pelantikan salah satunya untuk efektivitas acara. Usai pelantikan dan serah terima jabatan tamu undangan dan anggota DPRD akan mendengarkan pidato perdana Wali Kota Gibran," kata dia.

Ia menambahkan tamu undangan dibatasi 25 orang sesuai protokol kesehatan. Tamu undangan tersebut, yakni walikota dan wawali yang dilantik beserta istri masing-masing, Forkopimda, KPU, Bawaslu, Plh Wali Kota serta wali kota dan wakil wali kota yang purna tugas. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Tidak Ada Anggaran, Gibran Pakai Mobil Dinas Bekas saat Jadi Wali Kota Solo

#Pilkada Serentak #Breaking #Wali Kota Solo #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan