Aktivis 98 Dukung Pelaporan Penyebar Hoaks 7 Kontainer Surat Suara Ilustrasi hoax

MerahPutih.com - Sejumlah aktivis 1998 di Kota Surabaya mendukung Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaporkan kasus hoaks soal surat suara Pemilu 2019 sebanyak tujuh kontainer yang sudah dicoblos dan berada di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.

"Kami mendukung pelaporan ke aparat, dan polisi harus segera mencari siapa pelaku penyebar hoaks," ujar Koordinator Eksponen 1998, Kusnan, kepada wartawan di Surabaya, Kamis (3/1).

KIcauan Andi Arief

Menurut dia, kabar bohong tersebut merupakan bencana yang bisa memecah belah bangsa Indonesia sehingga siapa pun pelakunya harus bertanggung jawab.

"Siapa pun dia dan apapun posisinya harus ditangkap, termasuk motif penyebaran fitnah itu. Kami mendukung aparat untuk melacaknya," ucapnya sebagaimana dilansir Antara.

Selain itu, ia juga menyoroti kicauan politikus Partai Demokrat Andi Arief di akun rwitter pribadinya tentang isu tersebut sehingga membuat publik menjadi ramai.

Pada kesempatan tersebut, Kusnan mengirimkan paket berisi buah ditambah suplemen serta vitamin kepada Andi Arief melalui kantor pos yang dialamatkan ke Kantor DPP Partai Demokrat di Jakarta.

Ia mengaku paket yang dikirim secara kilat itu sebagai bentuk rasa sayang kepada Andi Arief sebagai sesama aktivis, termasuk pengingat agar lebih bijak memanfaatkan teknologi.

Sementara itu, Ketua KPU RI Arief Budiman beserta beberapa komisioner lainnya telah mendatangi Kantor Badan Reserse Kriminal Polri, Jakarta, untuk melaporkan serta membawa barang bukti, seperti gambar, suara dan tulisan.

Ilustrasi hoax

"Kami ke Bareskrim bersama Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu. Kami punya kewajiban untuk membuat pemilu ini berjalan aman, damai, luber dan jurdil. Kalau ada ancaman dan tindakan-tindakan yang mengganggu, maka KPU melawan," katanya.

Setelah mendapat informasi tentang kontainer berisi surat suara pemilu yang sudah dicoblos, ia telah membuktikan langsung ke lokasi kontainer dan menemukan informasi tersebut adalah kabar bohong. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH