Akting Margot Robbie di ‘Barbie’ akan Membawanya Masuk Nominasi Oscar?

P Suryo RP Suryo R - Selasa, 01 Agustus 2023
Akting Margot Robbie di ‘Barbie’ akan Membawanya Masuk Nominasi Oscar?
Dia bisa jadi perempuan kedua dalam nominasi produser dan aktor pada tahun yang sama. (Youtube/Warner Bros. Pictures)

MASALAH rating dalam penayangan panghargaan Academy Televisi akan mendapatkan manfaat jika merangkul film meta-komedi Barbie garapan Greta Gerwig. Ini secara signifikan dalam kategori seperti film terbaik, aktor pendukung (Ryan Gosling), dan aktris terbaik untuk Margot Robbie.

Namun, seberapa jauh Barbie akan berjaya dengan para pemilihnya di ajang Oscar?

Robbie mendapatkan nominasi Oscar dua kali untuk I, Tonya (2017) dan Bombshell (2019). Margot yang juga produser untuk film I, Tonya, hampir meraih dua nominasi penghargaan itu pada tahun 2017.

Baca Juga:

'Barbie' Mendominasi Box Office AS di Minggu Kedua Penayangannya

film
Robbie telah mendapatkan nominasi Oscar dua kali untuk 'I, Tonya' dan 'Bombshell'. (YouTube/Neon)

Sekarang, sebagai salah satu produser box office Mattel, dia bisa menjadi perempuan kedua yang dinominasikan sebagai produser dan aktor di tahun yang sama.

Sebelumnya, perempuan yang pertama pernah mendapatkan dua nominasi itu di tahun yang sama adalah Frances McDormand untuk film Nomadland, di mana dia memenangkan keduanya.

Meskipun nominasi akting untuk sang bintang asal Australia itu masih memungkinkan, Barbie masih harus membuktikan dirinya di ajang penghargaan, yang jarang sekali diberikan pada film bergenre komedi.

Meskipun demikian, kemungkinan itu akan tetap menjadi topik pembicaraan selama beberapa bulan ke depan. Golden Globes pasti akan memasukkan film ini dalam kategori komedi/musik, tapi mari kita lihat apakah penghargaan lain akan mengikutinya.

Paruh pertama tahun 2023 memunculkan satu pesaing yang pasti dengan Greta Lee membawakan karakter Nora yang cantik. Berkisah tentang seorang imigran Korea Selatan yang menemukan cinta masa kecilnya dalam Past Lives karya Celine Song.

Baca Juga:

Greta Gerwig Emoh Bikin Sekuel ‘Barbie’

film
Frances McDormand di 'Nomadland' menang aktris terbaik dan produser film terbaik. (YouTube/SearchlightPictures)

Cannes pun memberikan ruang bagi Natalie Portman dan Julianne Moore dari May December karya Todd Haynes. Namun, belum ada keputusan yang dibuat siapa yang akan masuk sebagai aktris pemeran utama. Kemungkinan Portman, dengan Moore sebagai aktris pendukung.

Tanda tanya ada di beberapa jadwal rilis tahun ini di tengah pemogokan Hollywood. Itulah mengapa masih belum ada kepastian untuk Fantasia Barrino pada The Color Purple dan film Warner Bros yakni Dune Part Two dengan Zendaya sebagai bintangnya.

Hal yang sama berlaku untuk film tanpa distribusi tetapi memulai debutnya di beberapa festival musim gugur yang akan datang, seperti Lee dengan Kate Winslet, Origin dengan Aunjanue Ellis-Taylor dan Memory dengan Jessica Chastain.

Batas waktu pengiriman untuk kategori umum adalah 18 November 2023. Pemungutan suara pendahuluan akan dimulai pada 18 Desember, dengan hasil diumumkan pada 21 Desember.

Periode pemungutan suara akan berlangsung dari 11-16 Januari 2024, dengan nominasi resmi pengumuman pada 23 Januari. Sementara, Oscar ke-96 akan diadakan pada Minggu, 10 Maret. (aru)

Baca Juga:

Emmy Ditunda, Pemogokan di Hollywood Pengaruhi Awards Season

#Film #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan