Aksi Vandalisme dan Tawuran Peserta SOTR Nodai Bulan Ramadan Sejumlah remaja melakukan aksi vandalisme di Underpass Mampang saat Sahur. Foto: Youtube

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak tinggal diam untuk menindak tegas para pelaku kegiatan Sahur On The Road (SOTR) yang telah merusak ruang publik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepolisian Polda Metro Jaya terkait kegiatan SOTR ini. Ia pun apresiasi pihak kepolisoan yang akan menindak tegas dan memberikan sanksi kepada oknum pelaku perusakan fasilitas umum dan ruang publik.

"Dan kita melaporkan perusakan-perusakam fasilitas publik," kata Anies di Jakarta, Senin (4/6).

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mengatakan bahwa Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis mengaku aparat Polda Metro Jaya akan melakukan penjagaan dan siap untuk menggiring para peserta SOTR, bahkan petugas tak segan-segan untuk menghentikan kegiatan yang saat ini meresahkan masyarakat.

Pelaku vandalisme SOTR di Underpas Mampang

"Dan bila ada masalah laporkan kepolisian akan bertindak," jelasnya

Di lokasi yang berbeda, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi mengatakan bahwa kegiatan SOTR merupakan kegiatan yang mulia saat bulan suci Ramadan. Karena pada dasarnya kegiatan itu bertujuan sosial untuk memberikan rezeki kepada sesama.

Namun, kata dia, saat ini kegiatan sosial tersebut disalah gunakan oleh orang-orang yang tak bertanggung dengan melakukan konvoi dan merusak ruang publik, bahkan melakukan aksi tawuran.

Aksi vandalisme di underpas Dukuh Atas. Foto: TMC Polda Metro Jaya

"Bulan suci Ramadan adalah ibadah bulan menahan diri dari hawa nafsu. Jadi yang tawuran di bulan Ramadan itu menodai," kata Suhaimin saat dikonfirmasi MerahPutih.com pada Senin (4/6).

Sebelumnya tersebar video di media sosial beberapa hari belakangan ini sekelompok peserta SOTR melakulan vandalisme yang diduga di Underpass Mampang, Jakarta Selatan. Bahkan di Jakarta Pusat peserta SOTR melakukan aksi tawuran. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH