berita-singlepost-banner-1
Aksi TNI saat Perayaan HUT ke-74 Mengundang Decak Kagum Peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10). (Foto: MP/Kanugrahan)
berita-singlepost-banner-2
berita-singlepost-mobile-banner-7

MerahPutih.com - Peringatan HUT ke-74 TNI berlangsung meriah. Ribuan prajurit TNI unjuk kemampuan di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan para pejabat tinggi negara, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

Aksi terjun payung juga ditampilkan dalam demonstrasi ini. Namun tidak hanya dari TNI, Polri juga ambil bagian. Ada 74 penerjun masing-masing 21 orang prajurit AD, 21 orang prajurit AL, 21 orang prajurit AU, 7 orang personel Brimob, serta 4 orang penerjun sipil. Beberapa yang disebut ikut terjun merupakan prajurit dari satuan elite seperti Denjaka, Kopassus, dan Paskhas.

Baca Juga:

Jokowi Janji Utamakan TNI dan Tingkatkan Posisi Baru bagi Perwira

Para penerjun ini melayang-layang di udara mewarnai langit Halim Perdanakusuma. Mereka kemudian mendarat tepat di atas sasaran yang ditentukan, yakni mobil kontainer dan Sea Rider.

Atraksi udara, salah satunya dari Jupiter Aerobatik Team juga memukau seluruh tamu undangan di Lanud Halim Perdanakusuma. Mereka menampilkan sejumlah manufer, salah satunya membentuk tanda hati di langit.

Peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10). (Foto: MP/Kanugrahan)
Peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10). (Foto: MP/Kanugrahan)

Pasukan parade berjumlah 6.806 personel terdiri dari lambang-lambang kesatuan juga menunjukkan aksinya di perayaan HUT ke-74 TNI yang mengangkat tema "TNI Profesional Kebanggaan Rakyat". Berbagai alutsista TNI sebagai penunjang dalam mengamankan kedaulatan negara juga ditampilkan di acara ini.

Jokowi melihat kemampuan prajurit TNI digelar. Jokowi tampak antusias menyaksikan didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan para Kepala Staf Angkatan. Terlihat pula di lokasi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Demonstrasi keterampilan dimulai dengan atraksi prajurit terdiri dari tim kolone senapan. Dengan berbagai gerakan baris berbaris, mereka memainkan senjata dengan lincah dan harmonis.

Lebih dari seribu orang prajurit dan srikandi TNI dari TNI AD, AL dan AU kemudian berlari ke arah lapangan. Mereka memberi salam hormat kepada seluruh tamu undangan, kemudian langsung menunjukkan rangkaian gerak serempak memperagakan gerakan pernapasan bela diri militer.

Baca Juga:

Modernisasi Alutsista TNI di Era Jokowi Dinilai Tak Punya Arah Jelas

Demonstrasi perkelahian juga ditampilkan. TNI AD menampilkan bela diri militer cakra, sementara TNI AL menampilkan gerakan beladiri karate dan panglipur. TNI AU tak kalah seru, mereka menampilkan beladiri taekwondo. Demonstrasi perkelahian ditampilkan dengan lincah tanpa ada kesalahan.

Prajurit TNI kemudian memperlihatkan rangkaian gerak beladiri merpati putih TNI. Teknik gerakan yang menggabungkan ketahanan dan pengolahan napas. Kemampuan menggunakan senjata juga diperlihatkan. TNI AD menggunakan double stick, TNI AL golok, dan AU menggunakan toya.

Lalu aksi srikandi TNI mematahkan besi dragon rangkap 20 menggunakan otot paha. Prajurit TNI juga menunjukkan kemampuan mematahkan rangkaian beton cor menggunakan kepala dan siku tangan.

Presiden Jokowi bersama Wapres JK saat peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10). (Foto: MP/Kanugrahan)
Presiden Jokowi bersama Wapres JK saat peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10). (Foto: MP/Kanugrahan)

Jokowi jug menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu pada periode pertama pemerintahannya. Jokowi menyebut nama Wapres Jusuf Kalla hingga Menko Polhukam Wiranto.

"Terima kasih kepada wakil presiden Bapak Haji Jusuf Kalla, terima kasih kepada Menko Polhukam Bapak Tedjo Edhy, Bapak Luhut Binsar Panjaitan, Bapak Wiranto," kata Jokowi.


Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada Menhan Ryamizard Ryacudu. Sejumlah mantan Panglima TNI seperti Moeldoko dan Gatot Nurmantyo turut disebut.

"Terima kasih kepada menteri pertahanan Bapak Ryamizard terima kasih kepada Panglima TNI Bapak Moeldoko, Bapak Gatot Nurmantyo dan Bapak Hadi Tjahjanto. Terima kasih kepada KASAD Bapak Mulyono, Bapak Andhika Perkasa. Terima kasih kepada KSAL, Bapak Ade Supandi, Bapak Siwi Sukma Aji dan terima kasih kepada KASAU Ida Bagus Putu Dunia, Bapak Agus Supriatna dan Bapak Yuyu Sutisna," ujar dia. (*)

Baca Juga:

Rayakan HUT ke-74, Prajurit TNI: Kesetiaan Kami Tak Perlu Diragukan


berita-singlepost-mobile-banner-3

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


berita-singlepost-banner-4
berita-singlepost-banner-5
berita-singlepost-banner-6