Aksi Save Rohingya Bakal Digelar di Candi Borobudur Usai Jumatan Aksi dukungan untuk Rohingya Foto: (ANTARA/Agus Bebeng)

MerahPutih.com - Aksi solidaritas #saverohingya akan digelar sejumlah umat muslim Jawa Tengah dan DIY. Aksi akan digelar pada Jumat 8 September 2017 di Candi Borobudur, Magelang Jawa Tengah.

Kordinator aksi Anang Imamuddin menjelaskan aksi damai ini akan digelar seperti aksi bela islam di Jakarta beberapa lalu. Ia menegaskan aksi akan dilakukan tanpa kekerasan dan keributan .

"Kami tegaskan ini aksi damai. Kami tetap akan menjaga benda budaya yang dilindungi itu. Kami sampaikan pesan di luar kompleks Candi, bukan di dalam," tegasnya melalu sambungan telepon di Yogyakarta, Senin (4/9).

Aksi Save Rohingya di Candi Borobudur akan dimulai dari solat jumat berjamaah di Masjid dekat Candi Borobudur. Kemudian masa yang mengenakan baju serba putih akan berjalan ke Candi Budha terbesar di Dunia ini.

"Lalu kami sampaikan pesan kami kepada dunia untuk menghentikan pembunuhan masal umat islam Rohingya di Myanmar serta untuk terus menjaga kedamaian di depan kompleks Candi Borobudur,"jelasnya.

Anang menjelaskan, Candi Borobudur dipilih sebagai tempat aksi karena candi ini adalah simbol keharmonisan antar umat beragama di Indonesia.

"Kami mau kasih lihat ke dunia untuk mencontoh keharmonisan di Indonesia. Candi Borobudur ini contohnya. Walau milik umat Budha. Tapi masyarakat sekitarr yang beragama muslim tetap menjaganya," tuturnya.

Ia akan mengajak umat agama lain berpartisipasi dalam aksi damai ini. Diperkirakan ada sekitar ribuan umat muslim dari ratusan ormas dari seluruh Indonesia, terutama Jateng dan DIY yang turut berpartisipasi.

Pihaknya kini tengah mendiskusikan detail acara dan mengurus proses perizinan ke kepolisian setempat.

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Mesin ATM BCA Di Semua 'Minimarket' Yogyakarta Masih Gangguan



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH