Aksi Pengrusakan Rumah Ibadah Marak, Begini Saran Menteri Agama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (kedua kanan) saat mengunjungi Bali. (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

MerahPutih.com - Baru-baru ini Indonesia dikejutkan dengan aksi teror yang dilakukan di tempat ibadah. Seperti yang baru saja terjadi terkait pengrusakan tempat ibadah umat hindu di wilayah Jawa Tengah, Pura Agung Semeru di Senduro.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin mengatakan bahwa dengan adanya kejadian tersebut agar masyarakat tetap waspada di manapun berada dan menginformasikan kepada pihak berwajib jika menemukan orang yang mencurigakan di sekitar wilayahnya.

“Kita umat beragama harus menjadikan itu sebagai cara kita meningkatkan kewaspadaan kita terhadap tokoh-tokoh agama kita rumah ibadah kita dan kegiatan keagamaan yang selalu kita lakukan,” ungkap Lukman saat ditemuii di acara rakor kanwil Provinsi Bali, Senin (19/2).

Menteri Agama mengimbau kepada masyarakat untuk mengambil sisi positif atas kejadian tersebut agar dapat selalu berhati-hati, dan meminta aparatur kepolisian segera mengungkap kasus pengrusakan tempat ibadah.

“Sangat berharap aparat penegak hukum kepolisian agar serius mensikapi kasus-kasus itu untuk mengungkap kejadian itu siapa pelakunya, dan seterusnya,” tambahnya.

Dengan adanya peningkatan kewaspadaan terhadap orang-orang yang berada di sekitar kita dan juga menghindari paham-paham radikal agar terjadi persatuan dari keberagaman.

“Mudah-mudahan ini cara semakin meningkatkan silaturahmi kesolidan antarumat beragama,” tutupnya. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Raiza Andini, kontributor merahputih.com untuk wilayah Bali. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Gunung Agung Siaga, Gubernur Bali Siap Gelontorkan Anggaran


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH