Headline

Aksi Bela Tauhid, HMI Jakarta Bantah Geruduk Kantor PBNU

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 26 Oktober 2018
Aksi Bela Tauhid, HMI Jakarta Bantah Geruduk Kantor PBNU
Bendera Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Foto: geotimes

MerahPutih.Com - Aksi Bela Tauhid yang dilakukan sejumlah elemen masyarakat menyasar sejumlah lokasi dan kantor di Jakarta. Tersebar berita bahwa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ikut dalam aksi tersebut dan mendemo kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jakarta.

Adim Razak, Ketua Umum HMI Jakarta Pusat-Jakarta Utara membantah bahwa anggota menggeruduk Kantor PBNU. Menurut Adim, informasi yang menyebutkan Aksi Bela Tauhid oleh anggota HMI dengan sasaran kantor PBNU Jakarta Pusat itu sama sekali tidak benar alias hoaks.

"Tidak benar adanya aksi demo, hoaks itu. Bukan keputusan organisasi, hanya perbuatan oknum yang membawa nama HMI," ujar Ketua HMI Adim Razak di Jakarta, Jumat (26/10).

Adim Razak melanjutkan oknum yang bersangkutan nantinya akan ditangani organisasi dalam rapat internal.

Sebagaimana dilansir Antara, tidak adanya aksi demo di kantor PBNU hingga Jumat sore. Meski begitu, puluhan pasukan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) bersama Patriot Manguni Makasiouw tetap bersiaga demi keamanan sekitar kantor.

Pengurus PBNU di Kantor PBNU
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj (kiri). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Arus lalu lintas di depan kantor PBNU tampak lancar meski ramai karena banyaknya pengendara sepeda motor yang melambatkan laju kendaraannya untuk melihat pasukan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor)-Banser yang berjaga.

Sementara itu, massa Aksi Bela Tauhid melakukan "long march" dari Masjid Istiqlal menuju Kantor Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam).

Jumlah massa yang mencapai ribuan tersebut bergerak mengikuti sebuah truk yang dijadikan kendaraan komando sembari menyerukan kalimat tahlil dan takbir.

Akibat aksi ini, ruas Jalan Merdeka Barat dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Utara ditutup dan berimbas pada pengalihan arus lalu lintas menuju Jalan Budi Kemuliaan.

Demo yang terjadi di Jakarta merupakan buntut dari kasus pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid yang diduga bendera HTI oleh oknum Banser di Garut, Jawa Barat pada beberapa hari lalu.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Kabareskrim Ungkap Peristiwa Pembakaran Bendera Tidak Akan Terjadi, Jika...

#Massa HMI #PBNU #Aksi Bela Tauhid
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan