Akses KM 99 Jalan Tol Cipularang Arah Bandung Dibuka Saat Nataru

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 19 Desember 2022
Akses KM 99 Jalan Tol Cipularang Arah Bandung Dibuka Saat Nataru
Akses keluar menuju Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat yang terletak di Km 99 Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang

MerahPutih.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division mengoperasikan secara fungsional akses keluar menuju Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat di Km 99 Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) arah Bandung selama libur Natal dan Tahun Baru.

JMT Regional Division Senior General Manager Widiyatmiko Nursejati mengatakan, dibukanya akses Km 99 Jalan Tol Cipularang arah Bandung tersebut berfungsi untuk mendistribusikan lalu lintas arus mudik, terutama yang menuju arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat, yang berpotensi mengalami peningkatan pada periode libur Natal-Tahun Baru.

Baca Juga:

“Kami berharap, dengan dibukanya akses menuju Kecamatan Darangdan ini akan membantu memperlancar perjalanan masyarakat karena memiliki alternatif lainnya yang lebih dekat untuk menuju lokasi tujuan mereka. Untuk tarif di akses fungsional ini tidak dikenakan tarif tambahan, namun disamakan dengan tarif menuju gerbang tol terdekat, yaitu Gerbang Tol (GT) Jatiluhur di Km 83,” ujar Widiyatmiko.

Adapun berdasarkan surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, pengoperasian secara fungsional tersebut dilaksanakan selama periode Natal 2022 dan Tahun baru 2023 pada 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Bagi pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 yang menuju akses fungsional Darangdan Km 99 dari GT Kalihurip Utama (Km 67) maka akan dikenakan tarif Rp13.500, dari GT Sadang (Km 76) dikenakan tarif Rp 6.000, sedangkan dari GT Jatiluhur (Km 83) tidak dikenakan tarif.

“Kami mengingatkan akses ini hanya untuk menuju arah Purwakarta dan Bandung Barat, sedangkan untuk sebaliknya atau menuju arah Jakarta dari akses tersebut maka pengguna jalan harus menggunakan jalan nasional sekitar 20 Km untuk kembali masuk ke jalan tol melalui GT Jatiluhur di Km 83,” kata Widiyatmiko.

Pada pengoperasian fungsional periode Natal - Tahun Baru ini, Jasa Marga menyediakan 3 gardu transaksi khusus golongan 1 non bus dan non truk serta petugas layanan transaksi dan mobile reader untuk percepatan transaksi di gerbang tol. Guna memastikan pengguna jalan mendapatkan informasi dengan baik terkait rencana pengoperasian akses ini, Jasa Marga telah melakukan sosialisasi melalui Dynamic Message Sign (DMS/papan informasi digital), spanduk, media sosial dan rambu-rambu petunjuk.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kesiapan sebelum melakukan perjalanan, di antaranya memenuhi persyaratan perjalanan, memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, memastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, mempersiapkan perbekalan, patuhi rambu dan arahan petugas di lapangan serta terus mengupdate informasi lalu lintas melalui kanal resmi Jasa Marga seperti Twitter di @PTJASAMARGA, One Call Center 14080, dan aplikasi Travoy.

Baca Juga:

163 Unit Bus Layani Penumpang Saat Nataru di Bandung

#Natal #Tahun Baru
Bagikan
Bagikan