Akses Kesehatan Gigi Dipermudah oleh FKG Usakti FKG Usakti memberikan perawatan gigi untuk masyarakat di daerah Pandeglang. (Foto: Dharma Nur Sahira)

KESEHATAN tak dipungkiri adalah hal utama dalam masyarakat. Dengan sehat segala aktivitas dalam masyarakat dapat dilakukan dengan lancar. Menyadari hal ini kegiatan Pegabdian Masyarakat Multi Fakultas Universitas Trisakti (PKM Usakti) kemudian meniktikberatkan pada kesehatan terutama pada kesehatan gigi.

Kesehatan gigi terkadang disepelekan oleh kebanyakan orang. Namun bila sudah sampai sakit semua kegiatan akan terhenti. Untuk itu Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Usakti yang menjadi bagian dari kegiatan ini memberikan pengobatan gigi dan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Baca Juga:

Jangan Salah, Begini Cara Menyikat Gigi yang Benar

gigi
Kesehatan gigi sangat penting pada usia anak-anak. (Foto: Dharma Nur Sahira)

PKM Usakti yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2019 itu mengambil lokasi di Balai Desa Sukacai, Jiput, Pandeglang, Banten. Dengan mengangkat tema Senyum Sehat, Gigi Berseri warga desa sangat senang dengan kehadiran kegiatan ini. Harus diakui akses kesehatan di daerah-daerah di luar kota besar memang agak sulit ditambah dengan pengetahuan tentang kesehatan secara umum masih dirasakan minim. Kehadiran kegiatan seperti PKM Usakti ini sangatlah membantu.

FKG Usakti memberikan pengetahuan pada penyuluhan bagi masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi. Kesehatan gigi sangatlah penting sama pentingnya menjaga kesehatan badan. Selain memberikan penyuluhan, mahasiswa-mahasiswa FKG juga turun langsung memberikan pengobatan pada warga lokal. Mereka memberikan perawatan gigi seperti pemeriksaan menyeluruh pada gigi, penambalan gigi dan pencabutan gigi sederhana.

Baca Juga:

Ingin Punya Senyum Sehat? 4 Hal Ini Perlu Diperhatikan saat Menyikat Gigi

gigi
Memberikan akses pada pegetahuan kesehatan gigi dan mulut. (Foto: Dharma Nur Sahira)

Sasaran dari kegiatan ini utamanya adalah anak-anak usia sekolah yang tengah dalam masa tumbuh kembang. Menurut penelitian WHO, jam belajar anak-anak hilang sekitar 50 jam karena kesehatan gigi yang buruk. Dengan kegiatan ini diharapkan akan ada perubahan perilaku yang mengarah pada perbaikan pengetahuan tentang kesehatan gigi. Anak-anak yang menyadari pentingnya kesehatan gigi akan membawa pengetahuan tersebut hingga dewasa dan tentunya membuat lingkungan menjadi lebih baik lagi.

Kegiatan PKM Usakti ini tidak hanya dilakukan oleh FKG saja. Melainkan beberapa fakultas terlibat di dalamnya seperti Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan (FALTL), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE). Kegiatan PKM ini disesuaikan dengan disiplin ilmu fakultas yang terlibat. Seperti FATL yang memberikan penyuluhan tentang perbaikan kondisi lingkungan pemukiman. (*)

Baca Juga:

Malas Merawat Gigi Jadi Penyebab Penyakit Berbahaya, Salah Satunya Diabetes

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH