Akibat Pandemi, Resor Mewah Ini Ubah Kolam Renang Jadi Peternakan Ikan Resto mewah ini putuskan alih fungsikan kolam renang menjadi kolam peternakan ikan (Foto: aveda resort and spa)

PANDEMI COVID-19 memaksa bisnis pariwisata untuk berpikir out of the box agar tetap bertahan. Seperti halnya hotel dan spa Kerala yang mengubah kolam renang menjadi peternakan ikan.

Aveda Resort dan Spa di Kumarakom, Kerala, India harus menutup operasinya pada Maret karena menerapkan lockdown untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Ingin tetap produktif, akhirnya pihak manajemen sengaja menyulap kolam renang agar memiliki penghasilan.

Baca juga:

'Rumah Pie' Mendadak Viral di Media Sosial, Ini Penyebabnya

manajemen resort memutuskan untuk menggunakan kolam renang berukurang 7,5 juta liter sebagai kolam ikan (Foto: facebook/the australian)

"Kami tidak memiliki pendapatan, jadi pada Juni, kami menempatkan sekitar 16.000 bibit ikan mutiara berusia dua bulan di kolam," ucap manajer umum Aveda, Jyotish Surendra, mengutip dari laman odditycentral.

Kapasitas air pada kolam tersebut 7,5 juta liter. Panjang kolamnya 150 meter dan lebar 50 meter, dengan kedalaman rata yang ideal untuk budidaya. "Kami mulai membudidayakan ikan pada 1 Juni, yang akan memberikan waktu yang cukup untuk panen menjelang Natal," tambah Surendra.

Surendra menambahkan pihaknya juga berencana memanen ikan pada November dan kemudian mulai mengekspornya ke Timur Tengah. Menurutnya, Aveda akan bisa memanen sekitar empat juta ton ikan mutiara dari kolam darurat itu.

Baca juga:

Hias Rumah dengan 10 Ribu Piring Porselen, Pria Ini Jadi Viral

Rencananya mereka akan menjual panen ikan sekitar USD40 ribu di Timur Tengah. Angka tersebut sebenarnya hampir tidak cukup untuk menutupi kerugian yang diderita oleh bisnis selama lockdown .Tapi setidaknya itu membuat staf sibuk dan akan membantu membayar tagihan pemeliharaan hotel.

Surendra memutuskan untuk mencari mutiara karena memang endemik di kawasan ini. Jadi Surendra mengosongkan kolam dan memompa air tawar dari Danau Vembanad untuk menyediakan lingkungan ideal bagi 16.000 bibit yang dibeli dari empat sumber

Saat ini para staf hotel sudah mencicipi budidaya ikan. Staff hotel tak mau melepaskannya, bahkan di saat pariwisata akhirnya dibuka kembali.

Manajemen Abeda Resort and Spa telah berencana untuk melanjutkan budidaya ikan di beberapa lokasi lain di dekatnya. Dengan begitu, tempat ini bisa menjadi sumber ikan mutiara segar untuk para tamu. (ryn)

Baca juga:

Viral, Fenomena Langka 'Tornado Nyamuk' Gegerkan Rusia

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH