Akibat Corona, Pedagang Kurma Pasar Tanah Abang Rugi Rp20 Juta Pedagang Kurma di Pasar Tanah Abang, Alfin. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pedagang kurma yang biasa berjualan di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat mengaku rugi hingga mencapai Rp20 juta akibat pandemi corona menyerang Jakarta.

Pria bernama Alfin mengaku, selama pandemi corona atau saat pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah omset penjualannya terjun karena tidak ada masyarakat yang membeli.

Baca Juga

Utamakan Keselamatan Siswa, Anies Belum Berani Buka Sekolah

"Selama pandemi ketemu lebaran saya rugi 20 juta bukannya untung. Dipake buat makan sehari hari. Karena keuntungannya ga ada lakunya ga ada. Pemasukannya ga ada sama sekali," kata Alfin saat berbincang dengan MerahPutih.com, Rabu (1/7).

Alfin menyampaikan, duit puluhan juta rupiah itu habis untuk kebutuhan sehari-hari saat berjualan kurma, peci, dan alat-alat ibadah umat muslim lainnya. Sedangakan pemasukan tidak ada, orang pun sepi di Pasar Tanah Abang.

"Rp20 juta saya abis buat makan. Buat makan mines selama pandemi coorona," terangnya.

Pedagang Kurma, Alfin
Pedagang Kurma di Pasar Tanah Abang, Alfin. Foto: MP/Asropih

Alfin mengaku, dirinya punya kala itu berniatan untuk tidak berdagang saat masa PSBB di Jakarta bila pemerintah bisa menjamin kehidupannya. Pasalnya, saat dagang itu buntung yang ia terima bukan untung.

"Lagi ancur ancuran. Kalau ada yang ngasih makan ya mending libur, libur ga usaha-usaha," jelasnya.

Pria bertubuh gempal ini menuturkan, sebelum wabah COVID-19 menyerang Jakarta jualannya laku, dalam sehari omset penjualannya mencapai Rp1 juta. Bahkan bila musih Haji dan Umrah bisa mendapatkan Rp3 juta dalam satu hari.

"Sebelum ada pandemi sehari 1 juta dapet. Kalau lagi musim haji atau umrah 2 juta 3 juta dapet," ungkapnya.

Baca Juga

DPRD Minta Pemprov DKI Perhatikan Dampak Lingkungan Reklamasi Ancol

Tapi di saat wabah corona dagangannya tak laku. Bisa-bisa dalam 3 hari baru dapat uang sekitar Rp100 ribu.

"Kalau pandemi kadang dapet kadang engga kadang tiga hari ga dapet duit entar dapet duit 100 ribu ya nombok," tutupnya. (Asp)

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH