Akibat Bila Mobil Terlalu Lama Diparkir Perhatikan ban dan rem bila mobil terlalu lama parkir. (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

SALAH satu dampak COVID-19 juga terkena pada mobil. Yang jelas bukan terjangkiti virus corona, melainkan beberapa hal ini membuat jadi pemandangan tak sedap pada mobil.

Kecenderungan mobil yang terlalu lama parkir, tidak bergerak sama sekali terlihat pada tekanan angin di ban. Ban kehilangan tekanannya menjadi kempes.


Baca Juga:

Pecah Ban Saat Kecepatan Tinggi, Jangan Panik!

mobil
Perubahan suhu membuat tekanan angin hilang. (Foto: Pixabay/stux)


Parkir terlalu lama membuat ban akan kempes dengan sendirinya. Ini karena ban mengalami penurunan suhu yang berubah-ubah. Menurut KabarOto, penurunan suhu ini dipengaruhi oleh udara, tanah dan tekanan angin pada ban itu sendiri.

Seperti pada malam hari suhu udara akan turun berbeda dengan siang hari yang panas. Jika suhu turun akan membuat tekanan angin dalam ban ikut turun. Ini yang membuat ban kemudian menjadi kempes.

Berbeda jika mobil sering digunakan saat siang hari. Suhu panas tekanan angin ban akan meningkat. Sebab itu, mobil yang sering digunakan tekanan anginnya relatif terjaga.


Baca Juga:

Lebih Baik Pakai Shampo, Jangan Sabun!

mobil
Masukan gigi 1 untuk transmisi manual dan P untuk transmisi otomatis. (Foto: Pixabay/andreas160578)


Ada anggapan pada para pemilik mobil dengan transmisi manual yang selalu memasukan persneling pada gigi 1. Ini karena menjaga sewaktu-waktu bila rem tangan tidak menggigit, maka mobil tetap akan tertahan di tempatnya.

Ternyata hal ini bagus untuk berjaga-jaga. KabarOto menjelaskan bahwa mengaktifkan rem parkir dalam kurun waktu lama bisa mengakibatkan kampas rem lengket dengan piringan rem.

Sebaiknya memang masukkan ke gigi-1 untuk transmisi manual. Sementara untuk pemilik kendaraan transmisi otomatis masukan pada posisi P. (*)


Baca Juga:

Kaca, Bagian yang Kerap Bermasalah

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH