Akhirnya Strawberry Fields Dibuka untuk Umum Strawberry Fields yang akhirnya dibuka kembali. (Foto: digitalmusicnews)

TAHUN 1967 tembang the Beatles berjudul Strawberry Field Forever mendapatkan popularitas yang luas. Lagu yang masuk dalam album Magical Mystery Tour itu sebenarnya merupakan rekaman masa kanak-kanak John Lennon pada tempat yang sekarang dikelola oleh Salvation Army.

Karena lagu itulah kemudian tempat itu menyedot banyak wisatawan. Strawberry Fields menjadi destinasi populer di Liverpool terutama bagi penggemar the Beatles. Sayangnya orang hanya bisa melongok dari gerbang masuk saja, tidak diperbolehkan melangkah ke dalam.

Baca Juga:

Ketakutan Terbesar John Lennon Selama Hidupnya

straw
Strawberry Fields Forever, tempat masa lalu John Lennon. (Foto: iloveclassicrock)

Namun sejak tanggal 14 September lalu, gerbang tempat itu terbuka lebar dan menerima wisatawan berkunjung. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan pusat informasi wisatawan, cafe dan toko-toko.

Di dalam Strawberry Fields terdapat bangunan bergaya gotik saksi bisa dimana John Lennon muda kerap bermain di lingkungan ini. Tempat ini dibangun di tahun 1878 berfungsi sebagai tempat tinggal keluarga Woolton yang merupakan keluarga kaya di Liverpool. Kemudian di tahun 1934, tempat ini dibeli oleh Salvation Army dan dijadikan rumah dan tempat bermain bagi anak-anak.

straw
Gerbang masuk Strawberry Fields. (Foto: tripadvisor)

Rumah paman George dan bibi Mimi, tempat tinggal John Lennon saat itu tidaklah jauh. Tak mengherankan bila John sering mendatangi tempat itu. Apalagi bila band Salvation Army hendak bermain, John tak pernah melewatkannya. John Lennon sudah kecanduan musik sejak usia anak-anak. Lagu ini menjadi bagian dari album yang mengubah warna musik pop dunia. Kreativitas yang ada memberikan jalan bagi munculnya berbagai kreativitas saat ini. Sebuah album yang mampu menjadi jembatan bagi berbagai genre musik. Belum pernah ada pada zaman itu yang membuat musik seperti album Magical Mystery Tour.

Kembali ke Strawberry Fields yang banyak mengalami perubahan. Salah satunya adalah bangunan awal sudah diratakan dengan tanah, enam tahun setelah album itu dirilis. Kemudian berdiri bangunan baru yang diperuntukan bagi anak-anak. Tahun 2005, Strawberry Fields ditutup untuk umum. Sejak saat itu orang hanya dapat memandangi tempat ini dari gerbang masuk saja. Menurut badan turis Liverpool tercatat sekitar 60 ribu orang mengunjungi tempat itu.

Baca Juga:

Stella McCartney x The Beatles Mengeluarkan Koleksi 'All Together Now'

straw
Sudut eksibisi di dalam Strawberry Fields. (Foto: theguardian)

Salah satu atraksi wisata yang ada di Strawberry Fields saat ini adalah eksibisi yang mengeksplor jejak masa lalu dari Salvation Army dan tentunya kehidupan John Lennon. Kehidupan John selama masa kanak-kanak terekam dan dikoleksi dengan baik. Kemudian terdapat pula footage rekaman Strawberry Fields, multimedia dan wawancara dengan Paul McCartney, manajer the Beatles, George Martin dan adiknya John, Julia Baird. Yang menarik di tempat ini adalah ruang virtual Mellotron, yang mengajarkan pengunjung memainkan note awal lagu itu tanpa kesalahan.

Bagian yang menarik lainnya adalah gerbangnya itu sendiri. Gerbang yang ada sekarang ini adalah replika gerbang aslinya. Gerbang aslinya pada tahun 2000 pernah dicuri orang, namun kemudian dikembalikan lagi oleh pelapak yang membeli dari pencurinya. Gerbang aslinya saat ini tersimpan di dalam taman untuk menghindari pencurian kembali. Tak hanya gerbang yang disimpan dengan baik, pohon yang biasa dipanjat oleh John, termasuk temboknya biasa bersandar dan tangga tempatnya duduk juga dirawat sebaik-baiknya. (psr)


Baca Juga:

Pernah Dipakai Para Legenda Musik, 4 Gitar Ini Dijual dengan Harga Fantastis

Kredit : paksi


Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH