Akhir Penantian 26 Tahun Red Star Belgrade Para pemain Red Star merayakan lolosnya klub mereka ke fase 32 besar Liga Europa (Foto: Twitter @sreledelija)

MerahPutih.Com - Bagi penggemar sepak bola Eropa, klub Red Star Blegrade bukanlah nama yang asing. Klub asal Serbia itu sempat menjadi kejutan benua biru saat meraih juara Liga Champions 1991. Namun setelah menjadi kampiun Eropa, Red Star mendadak pudar lantaran ditinggalkan sejumlah pemain kuncinya yang dibeli sejumlah klub elite Eropa.

Pada ajang Liga Europa, Kamis (7/12) malam, Red Star kembali berkiprah di Eropa setelah mengalahkan FC Cologne dengan skor 1-0. Meski bertanding di kasta kedua dan bukan Liga Champions, paling tidak ingatan publik sepak bola terhadap Red Star kembali tergugah.

Red Star melangkah ke fase 32 besar Liga Europa dengan finis di urutan kedua Group H dibawah Arsenal.

Lebih dari seperempat abad kegagalan di Eropa yang berbarengan dengan masalah keuangan Red Star berakhir di depan 52.000 penonton yang memadati Stadion Rajko Mitic, setelah penyerang Slavoljub Srnic mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-22.

Srnic menaklukkan kiper Cologne Timo Horn dengan tembakan dari jarak sepuluh meter setelah gelandang Nenad Krticic mengirimkan operan yang membelah pertahanan dan bek kiri itu melesat ke jantung pertahanan lawan.

Mendapat sokongan semangat dari para penggemarnya pada malam yang dingin dan bersalju, Red Star mampu bertahan di babak kedua ketika tim tamu meningkatkan tekanan dan para penggemar tuan rumah yang bergembira menyalakan kembang api dan suar setelah peluit panjang berbunyi.

Pertandingan Red Star vs Cologne sebagaimana dikutip Antara dari Reuters dimainkan di bawah pengamanan yang ketat menyusul kecemasan akan adanya aksi kekerasan setelah 5.000 penggemar Cologne tiba di ibukota Serbia, namun masalah serius tidak terjadi, selain hanya dinyalakannya suar oleh kedua kubu penggemar.(*)


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH