Akhir Pekan Ini, Jokowi Resmikan Tol Pertama di Manado

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 22 Februari 2022
Akhir Pekan Ini, Jokowi Resmikan Tol Pertama di Manado
PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) telah merampungkan pembangunan Seksi 2B Ruas Danowudu-Bitung sepanjang 13,65 Km sehingga Jalan Tol Manado-Bitung telah siap beroperasi sepenuhnya. ANTARA/HO-Jasa Marga

MerahPutih.com - Tol Manado-Bitung sepanjang 39,9 kilometer di Sulawesi Utara (Sulut) yang dibangun sejak 2017 dengan total investasi sebesar Rp 5,12 triliun dengan masa konsesi 40 tahun akan diresmikan Presiden Joko.

Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Triono Junoasmono menegaskan, peresmian akan dilakukan pada Jumat (25/2). Presiden rencananya tiba di Manado, Kamis sore (24/2).

Baca Juga:

Tol Manado-Bitung Seksi 2B Ditargetkan Rampung di Agustus 2021

Peresmian di pusatkan di gerbang tol Bitung, setelah presiden itu menuju ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung.

"Kehadiran tol ini akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Tol terpanjang di Sulawesi setelah tol Makassar, Sulawesi Selatan tersebut nantinya akan menghubungkan dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, serta pelabuhan Bitung.

Selain itu, tol ini akan membuka konektivitas dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, salah satu destinasi pariwisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah.

"Kehadiran tol ini juga akan membuka kawasan-kawasan ekonomi baru yang ada di sekitarnya," katanya.

Berbagai objek wisata lainnya yang berada di Sulawesi juga akan merasakan kemudahan akses dengan adanya jalan tol ini seperti objek wisata Rumah Alam Manado Adventure Park, air terjun Kima Atas, hutan Mangrove Lembeh, Cagar Alam Tangkoko, Gunung Dua Saudara dan pantai lainnya.

ol Manado-Bitung. ANTARA/Karel A Polakitan
ol Manado-Bitung. ANTARA/Karel A Polakitan

Direktur Utama PT JMB Charles Lendra menjelaskan, dengan tersambungnya seluruh ruas mulai dari Manado hingga Bitung, akan semakin mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Sulawesi Utara.

Jalan Tol Manado-Bitung akan memangkas waktu tempuh cukup signifikan antara Manado dan Bitung. Bila sebelumnya waktu tempuh antara kedua kota tersebut melalui jalan nasional berkisar 1,5 jam, maka waktu tempuh melalui Jalan Tol Manado-Bitung hanya sekitar 30 menit saja sehingga dapat menciptakan efisiensi mobilitas orang maupun barang.

Secara keseluruhan, total panjang Jalan Tol Manado-Bitung adalah 39,9 Km yang dibangun dengan konsep Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Jalan tol ini terdiri dari dua seksi, Seksi 1 Manado-Airmadidi sepanjang (14 Km) yang dibangun Pemerintah dan Seksi 2 Airmadidi-Bitung (25 Km) yang dibangun PT JMB.

Dengan penambahan satu gerbang tol baru, maka nantinya Jalan Tol Manado-Bitung akan memiliki total lima Gerbang Tol, yakni GT Manado, GT Airmadidi, GT Kauditan, GT Danowudu, dan GT Bitung. (Asp)

Baca Juga:

Jokowi Tunda Peresmian Tol Manado-Bitung

#Pembangunan Jalan Tol #Kota Manado #Likupang #Jokowi #Infrastruktur #Proyek Infrastruktur
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan